6 Pilihan Sarapan Ini Cocok Untuk Turunkan Berat Badan, Apa Saja Sih ?

  • Bagikan

Eranasional.com – Sarapan adalah salah satu waktu makan terpenting yang tidak boleh terlewatkan.

Sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekan sarapan dan melewatkannya, terutama saat menjalani diet atau program menurunkan berat badan.

Tapi, bolehkah orang yang sedang diet tetap sarapan?

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, pilihlah makanan yang sehat dan mengenyangkan sehingga dapat menekan keinginan untuk ngemil di sela-sela waktu makan.

Dilansir Kompas.com dari Healthline, ada 6 pilihan makanan untuk sarapan yang bisa turunkan berat badan.

Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Telur

Telur merupakan makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral penting. Karena itu telur cocok dijadikan menu sarapan.

Baca Juga :   Seperti Minggu Ini Tanggal 22-28 Maret 2021 Yang Diprediksi Akan Jadi Minggu Terburuk Untuk 3 Zodiak Ini

Dengan kandungan proteinnya yang melimpah, telur dapat menekan nafsu makan dan pada gilirannya mendorong penurunan berat badan.

Satu penelitian terhadap 30 wanita dengan obesitas menunjukkan bahwa makan telur saat sarapan mampu meningkatkan rasa kenyang secara signifikan.

2. Pisang

Selanjutnya ada pisang. Sebagai buah yang tinggi serat dan rendah kalori, pisang sangat baik bagi mereka yang gemar mengonsumsi makanan manis saat sarapan.

Serat dalam pisang membantu memperlambat pengosongan perut dan mengurangi dorongan untuk ngemil.

Sejumlah penelitian juga telah menemukan bahwa serat dari buah dan sayur dikaitkan dengan penurunan berat badan.

3. Yogurt

Yogurt merupakan makanan dengan kandungan protein yang tinggi sehingga bisa dijadikan pilihan menu sarapan.

Baca Juga :   Awas Bahaya Ancaman Mutasi Corona B117

Sebuah studi terhadap 20 wanita menemukan, yogurt berprotein tinggi dapat menurunkan rasa lapar dan mengurangi asupan makanan hingga 100 kalori di kemudian hari.

4. Smoothie

Yang keempat ada smoothie. Smoothie merupakan cara yang tepat untuk mengemas berbagai nutrisi dari banyak makanan.

Mengonsumsi smoothie dari sayur dan buah rendah kalori dapat meningkatkan asupan serat sehingga mempertahankan perasaan kenyang lebih lama.

Namun, perlu diingat bahwa smoothie dapat berubah menjadi bom kalori jika menggunakan bahan-bahan berkalori tinggi secara berlebihan.

5. Kiwi

Kiwi merupakan buah yang kaya akan vitamin C, vitamin K, dan potasium.

Satu studi terhadap 83 wanita menunjukkan bahwa makanan tinggi serat dan kalori yang dibatas efektif untuk mengurangi nafsu makan.

Baca Juga :   Hari Ini, Penumpang Pesawat Wajib Tunjukan Hasil PCR

Selain itu, kiwi juga mengandung jenis serat yang disebut pektin. Pektin telah terbukti mampu meningkatkan perasaan kenyang, menahan nafsu makan, dan meningkatkan penurunan berat badan.

6. Oatmeal

Selain lezat, oatmeal juga merupakan menu sarapan yang sehat. Oat rendah kalori dan tinggi protein, dua nutrisi yang memengaruhi nafsu makan dan berat badan.

Penelitian kecil terhadap 14 orang dewasa dengan obesitas menunjukkan, konsumsi beta-glukan yang ditemukan dalam oatmeal menyebabkan tingkat peptida YY yang lebih tinggi, yakni hormon yang mengatur asupan makanan dan mengurangi nafsu makan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *