Jangan Ngaku Orang Betawi Kalau Belum Mengenal 8 Ikon Kebudayaan Betawi, Apa Aja Ya ?

  • Whatsapp

Jangan Ngaku Orang Betawi Kalau Belum Mengenal 8 Ikon Kebudayaan Betawi, Apa Aja Ya ?

Eranasional.com – Pemerintah DKI Jakarta telah mengesahkan Peraturan Daerah No. 4 / 2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi, Peraturan Gubernur 229/2016 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi, dan Peraturan Gubernur No 11/2017 tentang Ikon Budaya Betawi.

Bacaan Lainnya

Bang Yahya Andi Saputra dari Lembaga Kebudayaan Betawi mengatakan banyak seni kebudayaan Betawi yang kini sudah hilang dan tinggal kenangan. Berdasarkan catatannya, bang Yahya Andi Saputra menyatakan ada ribuan item budaya Betawi yang perlu dijaga. Meliputi folklor lisan, folklor setengah lisan dan folklor bukan lisan.

Namun sebagai warga Jakarta, ada baiknya Kita mengenal terlebih dahulu 8 ikon Kebudayaan Betawi yang menjadi ikon Kota Jakarta yang telah diresmikan. Apa saja ke-8 ikon tersebut?

Ondel-Ondel

Ondel-Ondel merupakan salah satu kesenian khas Betawi yang memiliki filosofi sebagai lambang kekuatan yang memiliki kemampuan memelihara keamanan dan ketertiban, tegar, berani, tegas, jujur dan anti manipulasi. Namun, sebelum dikenal sebagai kesenian khas Betawi, Ondel-Ondel adalah penolak bala atau kesialan.

Layaknya manusia, Ondel-Ondel juga memiliki jenis kelamin. Biasanya, wajah Ondel-ondel laki-laki berwarna merah dengan alis hitam tebal. Tidak hanya itu, matanya pun dibuat melotot, ditambah dengan kumis dan senyuman yang menyeringai akan tetapi terlihat ramah. Wajah tersebut dibuat dengan maksud menimbulkan kesan semangat dan keberanian. Ada pula yang menganggapnya sebagai simbol kekuatan jahat dan sangar.

Sedangkan wajah Ondel-Ondel perempuan berwarna putih, bermata hitam sayu, alis hitam melengkung, bulu mata lentik, bibir merah, telinga bergiwang atau beranting anting dan jidatnya bermahkota. Ondel-Ondel perempuan juga memiliki mata yang besar, namun tidak melotot. Mulutnya pun tersenyum manis dengan riasan gincu. Itu dianggap sebagai simbol kekuatan baik dan kesucian.

Selain dari wajah, Ondel-Ondel juga bisa dibedakan dari pakaiannya. Ondel-Ondel laki-laki biasanya akan menggunakan baju adat berwarna gelap, sedangkan Ondel-Ondel perempuan menggunakan warna cerah polos atau dengan motif kembang-kembang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *