Perkampungan di Cicurug Sukabumi Diterjang Banjir Bandang

  • Whatsapp

Eranasional.com – Aliran Sungai Cibuntu meluap mengakibatkan banjir bandang yang menerjang perkampungan padat di sekitar bantaran sungai. Aliran air meluas hingga merendam beberapa perkampungan warga salah satunya di Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Informasi diperoleh detikcom, peristiwa banjir bandang itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB, Senin (21/9/2020). Air tiba-tiba menerjang masuk ke rumah warga, saat kejadian hujan deras melanda sekitar lokasi.

“Kejadian sekitar pukul 17.00 WIB, Sungai Cibuntu tiba-tiba meluap. Banyak batang pohon besar ikut terbawa banjir, saat kejadian saya sedang tiduran tiba-tiba orang tua berteriak sambil nahan pintu dapur lalu saya ingatkan berbahaya karena di luar ada tekanan air,” kata Yosef Arafat warga setempat melalui sambungan telepon.

Saat itu dia bergegas menyelamatkan kedua orang tuanya yang sempat terjebak genangan air di dapur. Dia juga spontan mematikan aliran listrik.

Menurut Yosef saat ini warga masih melakukan penyisiran di sekitar lokasi. Menurutnya ada sekitar 10 rumah yang terdampak akibat banjir tersebut, mayoritas korban tinggal di dekat bantaran sungai.

“Airnya tiba-tiba membesar begitu saja, belum ke cek semuanya, namun yang tinggal di bantaran sungai kena semua. Saya juga banyak yang tidak terselamatkan barang-barang, banjir seperti ini pernah terjadi tahun 1987 silam,” tuturnya.

Meski sempat setinggi dada, genangan air menurut Yosef saat ini hanya setinggi lutut pria dewasa. Jalan alternatif Sukabumi-Bogor juga sempat terputus karena luapan dan terjangan air.

“Jalan tadi sempat terputus karena aliran air, saya belum.lihat lagi bagaimana kondisi jembatan sekarang. Karena situasi malam jadi gelap, kita juga masih cek-cek rumah yang rusak,” ujarnya. (detikcom)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *