Resmi, Presiden Jokowi Umumkan 6 Menteri Baru Yang Akan Membantunya di Kabinet Indonesia Maju

  • Whatsapp

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mengumumkan menteri baru yang akan menjadi anggota Kabinet Indonesia Maju. Jokowi mengumumkan nama lama dan baru untuk enam posisi di kementerian.

Bacaan Lainnya

Presiden Jokowi memperkenalkan satu per satu, dimulai dengan nama Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, yang mengambil alih jabatan Menteri Sosial (Mensos), yang ditinggalkan Juliari Batubara karena terlibat kasus korupsi di KPK.

“Pertama, saya perkenalkan Tri Rismamaharini. Beliau adalah Wali Kota Surabaya, saat ini Bu Risma akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial (Mensos),” ujarnya dalam keterangan pers Presiden RI di Istana Merdeka secara virtual, Selasa (22/12/2020).

Kedua, ia memperkenalkan Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menggantikan Wishnutama Kusubandio. Selain itu, Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya menjabat Wakil Menteri BUMN diberi tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Sebagai Menteri Agama (Kemenag), Jokowi menunjuk wajah baru Yaqut Cholil Qoumas menggantikan Fachrul Razi. Sedangkan Sakti Wahyu Trenggono yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) diberikan tanggung jawab baru sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan oleh Jokowi menggantikan Edhy Prabow yang mengundurkan diri karena kasus korupsi.

Terakhir, Jokowi mengangkat Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto. “Sekarang beliau akan kita beri memimpin Kementerian Perdagangan,” tutup Jokowi. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *