Rumah Sakit Covid di Depok Penuh, Ridwan Kamil : Bisa Dirujuk ke Bekasi dan Bogor

  • Whatsapp

Eranasional.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mempersilakan pasien Covid -19 dari Kota Depok untuk dirujuk ke rumah sakit lainya, seperti di Bekasi dan Bogor apabila rumah sakit di Depok kewalahan untuk menampung.

Bacaan Lainnya

“Kami ingin mengelola Bodebek (Bogor, Depok, Bekasi) dalam satu-kesatuan, kompak. Kalau Depok darurat, bisa dikirim ke tempat lain seperti Bogor dan Bekasi. Saya akan kondisikan untuk menerima rujukan dari Depok, kira-kira begitu,” kata Ridwan Kamil ketika berkunjung ke RSUD Depok, Selasa 15 September 2020.

Begitu pula ketika Bekasi dan Bogor kewalahan menampung pasien di rumah sakit, Depok pun bisa menampung. Artinya, wilayah Bodebek akan berlaku timbal balik.

Ridwan Kamil mengakui bahwa rumah sakit rujukan Covid-19 di Depok nyaris penuh.

Sementara itu, Walikota Depok Mohammad Idris melaporkan bahwa ruang perawatan ICU khusus Covid-19 di Depok sudah penuh. Idris mengatakan tidak menutup kemungkinan pandemi Covid-19 di Depok semakin parah.

Saat ini, Kota Depok masuk sebagai zona merah penularan Covid-19 dan tertinggi di Bodetabek karena terjadi lonjakan pasien Covid-19 lebih dari 200 persen sejak awal Agustus 2020.

“Kita ini zona merah dan nilainya sangat kecil, dan sangat mungkin, nauzubillahminzalik, sampai kepada zona hitam, kalau kita biarkan,” kata Idris.

Untuk menekan kemungkinan pandemi memburuk di Depok, Idris tetap akan menjalankan kebijakan pembatasan aktivitas warga dan dunia usaha, meski menuai reaksi negatif berbagai pelaku usaha. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *