Tugas Berat Menparekraf Sandiaga Uno Dalam Situasi Pandemi Covid-19

  • Whatsapp

JAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenparekraf) punya menteri baru. Presiden Joko Widodo, mencopot Wishnutam Kusubandio, mengangkat Sandiaga Uno.

Bacaan Lainnya

Sandiaga ditunjuk sebagai Menparekraf menggantikan Wishnutam pada Selasa (23/12/2020). Keputusan itu diambil Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta Pusat.

Sandiaga menanti tugas sulit karena pariwisata dianggap sebagai sektor yang paling terdampak pandemi virus Corona. Misalnya, setelah pemerintah memberlakukan pengetatan terukur untuk mengurangi COVID-19 menjelang Natal dan Tahun Baru, pengembalian hotel mencapai Rp1 triliun.

Faktanya, dunia belum bisa memastikan akhir dari epidemi ini. bahkan, keberadaan vaksin dianggap bukan solusi langsung untuk menanggulangi pandemi COVID-19.

Pemerintah mengatakan akan membutuhkan setidaknya 3-4 bulan agar vaksin menyebar. Sandi menyadari betapa sulitnya situasi yang harus dihadapinya. Ia mengungkapkan hal tersebut setelah ia dilantik menjadi menparcraf di Istana Negara.

“Tentunya, dalam konteks ini, tugas dan amanah yang disampaikan oleh Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden teramat sangat berat, karena kebangkitan bangsa Indonesia untuk pulih dari COVID-19 dan melanjutkan agenda pembangunan terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan sangat bergantung pada pemulihan kesehatan dari sisi COVID-19 dengan upaya kita menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” kata Sandiaga.

“Kedua, tentunya adalah jutaan lapangan pekerjaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif berjumlah belasan mungkin puluhan juta yang mesti kita selamatkan,” dia menambahkan.

“Adapun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini akan jadi lokomotif pasca-pandemi COVID-19 untuk kita melanjutkan agenda-agenda pembangunan di sekitar ini untuk terus membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan menghadirkan kesejahteraan pada rakyat, masyarakat Indonesia,” Sandiaga Uno menegaskan. (detikcom/red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *