Wali Kota Palangka Raya Buka Kegiatan Pelatihan CPIB

  • Bagikan

PALANGKA RAYA – Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin membuka kegiatan pelatihan Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB) yang di UPDT Perikanan Budidaya Ikan Air Tawar Dinas Perikanan Jl. Cilik Riwut Km. 32 Kota Palangka Raya, Selasa (26/10/2021).

Kegiatan pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Perikanan Kota Palangka yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mutu benih bagi pembudidaya ikan.

Baca Juga :   26 Orang Dinyatakan Sembuh, Pasien Sembuh Covid-19 di Palangka Raya Menjadi 5.857 Orang

Dalam sambutannya, Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin menyebutkan bahwa perkembangan usaha budidaya ikan di Palangka Raya sangat fluktuatif.

hal tersebut disebabkan oleh adanya persaingan pasar, utamanya pasokan ikan budidaya dari luar daerah yaitu benih /bibit ikan, tingginya serangan penyakit, lemahnya keterampilan pembudidaya dalam pembenihan ikan, kurangnya penerapan inovasi teknologi dan harga pakan ikan yang cukup tinggi mengakibatkan biaya produksi budidaya ikan juga tinggi.

Baca Juga :   Fairid Naparin Hadiri Rapat Tanggap Darurat Banjir di Provinsi Kalimantan Tengah Bersama Mensos

“Untuk menangani permasalahan pembenihan ikan tersebut maka memerlukan penanganan yang menyeluruh melalui penguasaan teknologi pembenihan ikan yang efesien, penanganan yang profesional dan proporsional dalam menjalankan sistem usaha yang diperlukan”, kata Fairid.

Selain itu, dirinya berharap agar melalui pelatihan CPIB tersebut dapat membantu pelaku usaha budidaya ikan untuk meningkatkan keterampilan dalam usaha pembenihan ikan. “Apalagi pada saat ini kita mengalami beberapa dampak pandemi virus corona yang memberikan akibat luas kepada kehidupan masyarakat di Kota Palangka Raya” sebutannya. ( MC / AF )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *