Jokowi menyebut untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pengembangan SDM Polri, harus diperhatikan secara serius.

Rekruitmen, pendidikan dan promosi harus dilakukan secara transparan dan akuntabel.

“Harus mencari karakter yang sesuai dengan tugas-tugasa Polri dan harus menguasai perkembangan Iptek terbaru,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi meminta Polri membenahi dan memperkuat manajemen dan kelembagaannya, dalam rangka menghadapi tantangan zaman dan tuntutan masyarakat yang semakin kompleks.

“Polri harus membenahi secara komprehensif kebijakan perencanaan, kebijakan pengorganisasian, kebijakan penganggaran serta monitoring dan evaluasi dengan memanfaatkan pengetahuan dan teknologi terkini untuk mendukung Polri yang modern,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan Selamat Hari Bhayangkara ke-75 dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras jajaran Polri dalam menangani pandemi covid 19.

“Selamat bertugas dan teruslah memberikan pengabdian terbaik kepada rakyat, kepada bangsa, dan kepada negara. Semoga Tuhan yang maha kuasa senantiasa mempermudah kita dalam menjalani Amanah ini. Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia. Teruslah bertransformasi menuju Polri yang presisi, menjadi abdi utama nusa dan bangsa,” katanya menambahkan.