Kota Pekalongan, eranasional – Sejumlah rangkaian kegiatan telah dilaksanakan Polres Pekalongan Kota untuk memperingati HUT Bhayangkara Ke-75. Diantaranya bhakti sosial, gowes sepeda sehat, ziarah ke makam pahlawan dan vaksinasi massal.

Pada puncak HUT Bhayangkara, Polres Pekalongan Kota bersama forkopimda juga melaksanakan upacara Virtual Hari Bhayangkara yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Jokowi.

Usai upacara, beberapa harapan ditujukan untuk Polres Pekalongan Kota. Salah satunya Walikota Pekalongan dan Dandim 0710/Pekalongan.

“Alhamdulillah, sinergitas antara Pemerintah Kota Pekalongan dengan TNI – Polri khususnya Polres Pekalongan Kota sangat luar biasa. Semoga kedepan, kita tetap bisa bersinergi dan mengatasi masalah-masalah yang ada di Kota Pekalongan. Terutama berkenaan dengan kriminalitas, narkoba, perjudian dan lain sebagainya yang terjadi di masyarakat. Tetap bisa mengayomi, melindungi dan melayani masyarakat,” harap Walikota Pekalongan, Afzan Arslan Djunaid saat menghadiri HUT Bhayangkara di Mapolres Pekalongan Kota. Kamis (01/01/2021).

Harapan juga diutarakan oleh Dandim 0710/Pekalongan, Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan kepada Polri bahwa di usia yang ke-75 tahun ini, Polri bisa semakin dewasa dan profesional dalam mengemban tugas pokok.

Dandim juga menegaskan, bahwa hubungan TNI – Polri saat ini sangat solid. “Hubungan kita saat ini dengan Polri sangat solid dan sinergitas khususnya di wilayah Kota dan Kabupaten Pekalongan. Hal itu ditunjukkan dengan seringnya TNI – Polri melaksankan kegiatan secara bersama-sama dalam rangka mengayomi dan melindungi masyarakat di wilayah Pekalongan.

Sementara itu usai upacara Virtual Hari Bhayangkara, Kapolres Pekalongan Kota AKBP M Irwan Susanto mengaku, dirinya beserta jajaran siap mengawal semua kebijakan pemerintah untuk menangani dan menuntaskan permasalahan covid-19 khususnya di wilayah Kota Pekalongan.

“Di hari HUT Bhayangkara ke-75 ini, kami diminta bapak Presiden untuk selalu solid bersama-sama dalam menangani pandemi. Tugas terberat sekarang adalah, bagaimana menekan angka covid dan menaikkan perekonomian masyarakat. Dua hal pekerjaan yang sangat sulit. Dimana nantinya ada kebijakan-kebijakan positif maupun negatif yang tentunya akan kita laksanakan secara bersama-sama,” Kata Kapolres.

“Tetapi Polri siap mengawal semua kebijakan pemerintah bersama semua unsur, baik Pemerintah kota, TNI dan stakeholder yang ada untuk menuntaskan permasalahan covid ini dengan maksimal,” tambah M Irwan Susanto.

Ditanya mengenai penanganan Covid-19 dikota Pekalongan, Kapolres mengatakan bahwa pihaknya membagi dua penanganan, yakni secara ringan dan berat.

“Konsentrasi kami, memaksimalkan PPKM Mikro dan 3T. Kita awasi masyarakat untuk patuh dan taat tinggal ditempat, agar bisa memutus mata rantai dan istirahat yang cukup sehingga bisa sehat kembali. Tujuannya, jangan sampai mata rantai ini terus bergulir dan menyebar hingga tak terkendali,” pungkasnya.

(MAH)