JAKARTA – Ribuan kendaraan baik roda dua, kendaraan roda empat pribadi dan truk diputar balik oleh petugas di masa PPPKM Darurat, Senin (5/7/2021).

Polres Metro Tangerang Kota bekerja sama dengan Polres Metro Jakarta Barat melakukan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas di Jalan Daan Mogot yang menghubungkan Tangerang dan DKI Jakarta itu.

Imbasnya kemacetan panjang terjadi di jalan Daan Mogot. Meski ada beberapa pekerja dari sektor esensial berhasil melewati pos pemeriksaan penyekatan PPKM Darurat dengan menunjukan bukti mereka bekerja di sektor esensial.

“Dari tadi kita sudah putar balik ratusan bahkan ribuan kendaraan yang melintas di Jalan Daan Mogot ini dengan tujuan Jakarta. Rata-rata mereka bukan berasal dari pekerjaan esensial seperti yang ada di ketentuan,” ungkap Kepala Satuan lalu Lintas, Polres Metro Tangerang Kota, AKBP Jamal Alam Senin (5/7/2021).

Jamal sendiri menyatakan volume kendaraan yang melintas di Jalan Daan Mogot ini masih tinggi bahkan sama dengan sebelum masa PPKM Darurat diberlakukan.

Sehingga banyak petugas yang kesulitan untuk menyeleksi warga pekerja sektor esensial yang ingin melintas.

“Kalau kita lihat di lapangan volume tingkat kendaraan masih cukup tinggi Hampir sama dengan rata rata sebelum PPKM Darurat ini berarti sebagian masyarakat kita masih belum patuh. Namun kita beri pengetahuan kepada mereka dengan cara humanis dan minta mereka putar kembali kerumahnya karena memang jalan kita sekatt. Kita masih izinkan melintas khusus kepada pekerja di sektor esensial sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku,” lanjutnya.

Jamal mengaku, banyak warga yang mengungkapkan 1001 alasan untuk bisa lolos di Pos Penyekatan di Jalan Daan Mogot itu. Namun tanpa menunjukan bukti mereka bekerja di sektor esensial. Sehingga petugas akhirnya memutuskan memutar balik kendaraan.

“Itu yang menjadi kesulitan kita di lapangan karena 1001 alasan ada yang alasannya pegawai apotek, rumah sakit, padahal itu hanya keterangan yang dibuat buat jadi kita harus membuktikan dengan identitas. Oleh sebab itu, saya menghimbau sebaiknya berdiam diri di rumah sama sama menjaga keselamatan dan keamanan karena pembatasan ini adalah upaya kita mencegah adanya penyebaran,” tandas Jamal.