Aktifitas para pengguna KRL di stasiun tanah Abang. (Era.dok).

Jakarta, Eranasional. Banjir yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya sejak Rabu (1/1/2020), turut berdampak pada lumpuhnya aktifitas transportasi. Seperti, aktifitas KRL Commuter line, salah satunya di stasiun Tanah Abang. Stasiun Tanah Abang sempat terhenti pelayanannya disebabkan terendam banjir.

Namun, pemandangan berbeda terlihat pada Kamis (2/1/2020), dimana aktifitas di stasiun yang terletak di Jakarta Pusat itu telah kembali normal.

Petugas stasiun, Ahmad Syaiful, mengatakan, aktifitas penumpang menggunakan KRL di stasiun Tanah Abang terlihat kembali normal, sejak kedatangan maupun keberangkatan kereta commuter pertama. “Hari ini dari kereta pertama 05.15 WIB sudah ramai, belum diketahui (jumlahnya), tapi sudah seperti biasa karena sudah ramai. Tapi, mungkin belum semuanya kerja ya jadi belum seramai ketika hari kerja ,” ujar Ahmad kepada awak media.

Lebih lanjut Ahmad menambahkan, meski demikian beberapa rute belum dibuka kembali, sebab sejumlah stasiun masih terendam banjir seperti di stasiun Duri, Tangerang dan Kebayoran. “Hari ini sudah lancar, cuma yang di Duri, Tangerang, belum bisa karena di Rawa Buayanya maish kerendam (banjir). Kalau yang Tanah Abang sudah lancar semua. Arah Rangkas Bitung juga sudah lancar semua,” paparnya.

Pelayanan KRL Commuter Line yang telah kembali normal, juga mendapatkan sambutan baik dari masyarakat sebagai penumpang.

Dwi, seorang warga Jakarta, mengungkapkan, kembali beroperasinya KRL Commuter Line di stasiun Tanah Abang, memperlancar aktifitasnya kembali ke Jakarta dari Parung Panjang, Bogor. “Sudah biasa (pelayanan), tapi yang ke Tangerang, Duri dan Kebayoran belum bisa. Saya habis liburan dari Parung Panjang dan sekarang mau kembali ke Tanjung Priok,” ungkap Dwi.

Sementara, banjir di sebagian besar wilayah DKI Jakarta sejak Rabu (1/1/2020) dini hari, menyebabkan lebih dari 30 ribu warga mengungsi. Ketinggian banjir di sejumlah wilayah bahkan mencapai lebih dari 1 meter.

(Fyan/red).