JAKARTA – Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri mengatakan, dirinyalah yang membentuk BMKG, BNPB, BNN, hingga KPK. Hal tersebut ia ungkapkan saat rapat koordinasi pembangunan (Rakorbangnas) BMKG yang digelar secara virtual, Kamis 29 Juli 2021.

“Sayalah yang membuat BMKG, BNPB, bukan bermaksud buat menyombongkan diri, BNN, KPK masih banyak lagi dan lain sebagainya,” kata Megawati.

Mengawali ceritanya, Megawati mengungkapkan pengalaman saat menangani bencana alam. Ia harus terjun ke lapangan dan menginap hingga 10 hari di kapal perang karena ditugasi Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Kala itu, Megawati menjadi Wakil Presiden.

Dirinya diberi kepercayaan oleh Gus Dur untuk membentuk BMKG dan BNPB. Namun, sebagai orang nomor dua di negeri ini, Megawati juga harus terjun ke lapangan untuk melihat penanganan bencana alam.

Menurut Megawati, dirinya harus memastikan penanganan bencana berjalan dengan lancar. Hingga dirinya rela terjun langsung ke lapangan, bahkan harus tidur di kapal perang.

“Sampai mungkin sekarang kebanggan tersendiri bagi saya, saya mengingat di kapal perang, saya sendiri tadinya bingung seperti apa itu kapal perang kita. Itu hampir sampai 10 harian (menginap),” ujarnya.

Megawati pun sangat bersyukur atas kepercayaan yang diberikan Gus Dur. Dalam hal ini, diberikan penugasan terkait penanganan bencana. (Okezone)