Presiden Joko Widodo Saat resmikan PON XX di Papua, Foto Antara

Eranasional.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, Sabtu (2/10/2021).

Jokowi mengungkapkan perasaan bangganya bisa berada di Stadion Lukas Enembe di Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Bahkan Jokowi menyebut Stadion Lukas Enembe ini sebagai stadion terbaik di Asia Pasifik.

Tak hanya itu, Jokowi juga merasa bangga bisa membuka PON XX, pekan olahraga pertama yang diselenggarakan di tanah Papua.

Kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON XX, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua,” kata Jokowi dalam Live Pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX, di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (2/10/2021).

lanjutnya, Jokowi menuturkan PON Papua menggambarkan kemajuan Papua saat ini.

Selain itu, PON Papua juga menunjukkan kesiapan infrastruktur dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar, baik di kancah nasional maupun internasional.

Pekan Olahraga ini menggambarkan kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan infrastruktur di tanah Papua, dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional,” terang Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan Stadion Lukas Enembe ini bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua.

Ada juga capaian lainnya dari kemajuan Papua, di antaranya ada konektivitas laut, darat, dan udara.

Yakni dengan adanya bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua, serta pengembangan sumber daya manusia di Papua.

“Stadion yang sangat megah ini bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua. Konektivitas laut, darat, udara. Bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua, serta pengembangan SDM Papua adalah capaian-capaian lain dari kemajuan Papua yang sangat membanggakan ini,” tambahnya.

Tak hanya bermakna bagi masyarakat Papua, PON XX dinilai JOkowi mempunyai makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Jokowi menilai PON XX ini adalah panggung persatuan, kebersamaan, persaudaraan, kesetaraan, dan keadilan.

“PON ini juga punya makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. PON ini adalah panggung persatuan, kebersamaan, persaudaraan, kesetaraan, dan keadilan.”

“Untuk maju bersama, sejahtera bersama dalam bingkai negara kesatuan republik Indonesia,” tutur Jokowi. (trbnws)