YOGYAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan program Penyaluran Bantuan Tunai untuk pedagang kaki lima (PKL) dan warung kecil di kawasan Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (9/10/2021).

“Pagi hari ini, saya bersama dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti ingin meresmikan dimulainya pemberian bantuan tunai untuk pedagang kaki lima dan warung-warung kecil,” kata Presiden Jokowi.

Ia mengatakan, pemerintah akan menyalurkan bantuan kepada 1 juta PKL dan warung kecil di seluruh Indonesia, sebesar Rp 1,2 juta per orang. Bantuan itu diberikan sebagai wujud dukungan pemerintah kepada pelaku usaha kecil di tengah pandemi Covid-19.

“Kurang tidak? Cukup menurut hitungan kita. Dan, dimulai pertama kali di kawasan Malioboro, Yogyakarta,” kata Presiden Jokowi.

Pemerintah juga menyalurkan sejumlah bantuan sosial (bansos), di antaranya Bansos Kartu Sembako sebesar Rp 200.000 per bulan untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga.

Pemerintah juga telah menganggarkan dana Rp 28,31 triliun untuk 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) melalui program Keluarga Harapan (PKH). Di bidang pendidikan, pemerintah memberikan bantuan untuk murid, mahasiswa, guru, dan dosen yang disebut bantuan kuota internet. Bantuan juga diberikan kepada mahasiswa yang membutuhkan dan bukan penerima bantuan lainnya seperti KIP Kuliah dan Bidikmisi.