Menurut Tedros, di Afrika, kurang dari satu dari 10 petugas kesehatan telah divaksinasi lengkap. Sementara itu, di sebagian besar negara berpenghasilan tinggi, lebih dari 80% petugas kesehatan telah divaksinasi lengkap.

“Kami meminta semua negara untuk memastikan bahwa semua petugas kesehatan dan perawatan di setiap negara diprioritaskan untuk vaksin Covid-19, bersama kelompok berisiko lainnya,” ujarnya.

Annette Kennedy, presiden Dewan Perawat Internasional, mengatakan organisasi itu berduka atas semua petugas kesehatan yang kehilangan nyawa mereka dalam pandemi – “banyak yang sia-sia; banyak yang bisa kita selamatkan”.

“Ini adalah dakwaan yang mengejutkan dari pemerintah. Ini adalah dakwaan yang mengejutkan atas kurangnya tugas perawatan mereka untuk melindungi petugas kesehatan yang telah membayar pengorbanan terakhir,” katanya.

WHO menginginkan setiap negara sudah memvaksinasi 40% populasinya pada akhir tahun, tetapi Tedros mengatakan 82 negara berisiko kehilangan target itu, terutama karena pasokan yang tidak mencukupi.