JAKARTA – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa akan memaparkan visi dan misinya sebagai calon panglima TNI di hadapan Komisi I DPR dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU), Sabtu (6/11/2021). Penyampaian visi dan misi ini merupakan rangkaian dari fit and proper test yang harus dijalani Andika.

Berdasarkan agenda RDPU akan dimulai pukul 10.00 WIB dengan pembukaan oleh ketua rapat. Selanjutnya calon Andika selaku calon panglima TNI akan menyampaikan visi dan misi secara terbuka, tetapi penyampaian strategi dan kebijakan dilaksanakan secara tertutup dengan alokasi waktu kurang lebih selama 30 menit.

Semua forum setelahnya akan berlangsung secara tertutup.

Setiap fraksi diberikan waktu masing-masing sekitar tujuh menit untuk melontarkan pertanyaan. Andika memiliki waktu sekitar 20 menit untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Setelah itu, masing-masing anggota Komisi I diberi waktu selama kurang lebih 3 menit untuk kembali mengajukan pertanyaan. Untuk menjawab berbagai pertanyaan ini, Andika kembali diberikan waktu sekitar 20 menit.

Selanjutnya forum ditutup oleh ketua rapat. Kemudian, Komisi I DPR akan menggelar rapat internal untuk penyampaian pandangan anggota dan fraksi-fraksi, lalu mengambil keputusan.

Tahapan berikutnya adalah verifikasi faktual calon panglima TNI oleh pimpinan dan kepala kelompok fraksi Komisi I DPR.