Kasad Jendral TNI Andika Perkasa bersama Istri lakukan Vaksinasi Serentak, Selasa (2/2).

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pelantikan Panglima TNI yang baru, yaitu Jenderal Andika Perkasa akan dilakukan besok hari, Rabu (17/11/2021).

Hal itu disampaikan Jokowi seusai meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1-Ruas Serang-Rangkasbitung di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Selasa (16/11/2021).

“Pelantikan Panglima, insyaallah besok, hari Rabu,” kata Jokowi.

Ketika ditanya apakah besok juga akan melakukan perombakan (reshuffle) kabinet dan akan melantik menteri-menteri baru, Jokowi mengatakan belum melakukan hal itu.

“Belum, besok pelantikan Panglima saja,” ujar Jokowi.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi pernah mengatakan pelantikan panglima TNI yang baru akan dilakukan pekan ini. Hal itu disampaikan Jokowi seusai menghadiri perayaan HUT ke-10 Partai Nasional Demokrat di Kampus ABN Partai NasDem, Pancoran Timur II, Jakarta Selatan, Kamis (11/11/2021).

“Pelantikan Panglima nanti minggu depan (pekan ini, Red),” kata Jokowi.

Saat itu, Jokowi mengatakan ia sedang mencari hari baik untuk pelaksanaan pelantikan panglima TNI.

DPR menyetujui pencalonan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa sebagai panglima TNI. Keputusan tersebut diambil dalam rapat paripurna kesembilan Masa Persidangan II Tahun Sidang 2021-2022, Senin (8/11/2021).

Sebelumnya, Komisi I telah menyetujui Andika sebagai calon panglima TNI setelah uji kelayakan dan kepatutan pada Sabtu (6/11/2021).