Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo/Foro: Detik

JAKARTA – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan mengantisipasi munculnya keramaian pada malam natal dan tahun baru 2022. Polisi akan memastikan tidak terjadi kerumunan pada periode tersebut.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pada malam natal dan tahun baru pihaknya akan melakukan crowd free night, atau malam bebas kendaraan. Kebijakan ini berlaku mulai pukul 19.00 WIB hingga 04.00 WIB.

“Kami akan buat Jakarta sepi di malam tahun baru walaupun saat ini sudah PPKM level 1,” kata Sambodo kepada wartawan, Rabu (1/12).

Sambodo mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satlantas wilayah dan bidang intelejen untuk memetakan titik keramaian pada malam tahun baru.

Ada pun wilayah yang terdeteksi kerap menjadi pusat keramaian seperti Jalan Jendral Sudirman, Jalan MH Thamrin, Kota Tua, Banjir Kanal Timur (BKT), Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kemayoran, Kemang, dan Barito.

“Lokasi-lokasi yang sering jadi perayaan pergantian tahun akan kami laksanakan Crowd Free Night,” imbuhnya..

Meski diterapkan crowd free night, polisi menjamin tak ada penyekatan saat libur natal dan tahun baru. Petugas hanya akan melakukan check point di beberapa pintu masuk Jakarta.

“Apa yang kami cek kami tunggu pemerintah apakah pemeriksaan SIKM atau cukup dengan Pedulilindungi atau tempel stiker, detail akan kami sampaikan jelang tanggal 24 Desember saat dimulai operasi lilin,” pungkas Sambodo.