Eranasional.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, meminta kepada personel TNI-Polri dan stakeholder lain bersinergi melakukan percepatan vaksinasi, termasuk mengingatkan masyarakat agar patuh menerapkan protokol kesehatan untuk mengantisipasi Omicron, varian baru Covid-19 yang sudah masuk ke Indonesia.

“Tentunya kita harus lebih waspada, tetap patuhi protokol kesehatan karena Omicron ini lima kali lebih cepat penularannya. Sehingga akselerasi vaksinasi harus dilakukan terutama daerah yang vaksinasinya masih di bawah. Ini menjadi tugas kita semua mencapai dan mengejar ketertinggalan ini, dan mempertahankan pencapaian yang sudah didapat berkat kerja keras seluruh pemangku kepentingan bersama masyarakat,” ujar Listyo, ketika meninjau kegiatan vaksinasi, di Polda Gorontalo, Kamis (16/12/2021).

Listyo bersyukur, Gorontalo telah tembus pencapaian di atas 70% akselerasi vaksinasi. Capaian ini tak lepas dari kerja keras dan kerja sama antara semua pemangku kebijakan mulai dari Pemda, TNI-Polri, Kejaksaan dan seluruh elemen masyarakat. Karena itu, pencapaian vaksinasi yang sudah baik agar terus ditingkatkan ke depannya.

Menurut Listyo, percepatan vaksinasi serentak yang digelar di 34 provinsi Indonesia, dilakukan sebagai upaya untuk mencapai target 70% sebagaimana harapan dari Presiden Joko Widodo.

“Ini jadi target kita karena pemerintah, pak Presiden, meminta kita di seluruh wilayah khususnya yang capaian vaksinasi belum 70% agar terus di-push dengan berbagai macam strategi. Sehingga diharapkan akhir Desember, semuanya sudah di angka 70%,” ungkapnya.

Listyo menyampaikan, memang sudah ada beberapa wilayah yang saat ini pencapaian vaksinasinya di angka 90% hingga 100%. Namun ada juga wilayah yang capaian vaksinasi masih di bawah 50%.

Listyo melanjutkan, angka-angka yang saat ini sudah baik seperti positivity rate, reproduksi dan BOR rumah sakit tetap dipertahankan. Karena hal itu akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.