Menko Polhukam Mahfud MD dalam konferensi pers penyerahan aset eks-BLBI, Kamis (25/11/2021).

Eranasional.com – Menko Polhukam Mahfud MD memastikan pemerintah tidak pernah membahas wacana Polri di bawah kementerian. Apalagi, wacana untuk membentuk Dewan Keamanan Nasional dan Kementerian Keamanan Dalam Negeri.

“Di pemerintah tidak pernah ada diskusi apalagi agenda tentang itu (Polri gabung ke Kemendagri dan pembentukan lembaga baru), tidak ada,” kata Mahfud kepada wartawan, Senin (3/1/2022).

Dia menilai, dua topik itu merupakan pembicaraan yang sudah lebih dari 20 tahun lalu. Mahfud pun tak berkomentar banyak, terkait itu dia mempersilakah ke DPR, sebab menjadi ranah dari legislatif.

“Itu wacana publik yang sudah lama, sudah lebih dari 20 tahun. Di pemerintah sendiri belum pernah ada pembicaraan tentang itu, saya tak punya tanggapan, silakan saja, itu areanya di bidang legislatif,” ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur Lemhannas Agus Widjojo dalam pernyataan akhir tahun 2021 mengusulkan agar Kementerian Keamanan Dalam Negeri dan Dewan Keamanan Nasional dibentuk. Nantinya, kata Agus, Polri berada di bawah kementerian tersebut.

Usulan tersebut mendapat penolakan dari kalangan DPR. Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni menentang usulan itu, sedangkan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyayangkannya.