Eranasional.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan anggaran sebesar Rp2,7 triliun untuk merenovasi beberapa lokasi, mulai dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) hingga Mandalika. Hal ini dilakukan untuk persiapan G20 dan event internasional lainnya.

“Presiden beri penugasan khusus untuk penyelenggaraan acara internasional,” ujara Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI, Selasa (25/1/2022).

Basuki menjabarkan, kegiatan penataan dilakukan di sejumlah wilayah mulai dari Bali, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal tersebut seperti yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 116 Tahun 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur untuk Penyelenggaraan Acara Internasional.

Adapun porsi anggaran tersebut paling besar porsi untuk renovasi TMII sebesar Rp1,13 triliun, di antaranya digunakan untuk penanganan jalan, penataan gerbang utama, renovasi joglo, renovasi museum, theater garuda, museum Telkom, hingga keong mas.

Sedangkan untuk persiapan Presidensi Indonesia dalam KTT G20 di Bali kementerian PUPR akan merenovasi kegiatan kawasan utan Mangrobe Tahura, Ngurah Rai, perservasi jalan Nusa Dua-Jumbaran-Uluwatu.

Selain itu, dilakukan penataan lanskap bundaran, pedestrian dan media ruas jalan Bandara Ngurah Rai-Venue, serta peningkatan jalan Simpang Jalan Siligita-Kempinski dengan anggaran Rp505,9 miliar.

Selanjutnya, penataan kawasan Mandalika di NTB untuk penyelenggaraan MotoGP seperti pembangunan jalan, hingga pengendali banjir dengan anggaran Rp579 miliar. Selanjutnya, juga ada persiapan Asean Summit di 2023 di Labuan Bajo membutuhkan anggaran mencapai Rp525,8 miliar.

Sebagai informasi, Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk beberapa acara internasional. Seperti Presidensi G20 di Bali, MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, dan persiapan Asean Summit 2023 di Tana Mori di Labuan Bajo.