Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Eranasional.com – Sejak varian Omicron terdeteksi di Indonesia pertengahan Desember 2021 lalu, 44% korban meninggal akibat Covid-19 adalah pasien lanjut usia alias lansia.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) sekaligus Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, Senin (7/2/2022).

Luhut menyebutkan, sejak varian Omicron terdeteksi tercatat sudah 365 pasien meninggal dunia karena Covid-19. Artinya sebanyak 160 di antaranya adalah lansia.

“Mayotitas pasien dirawat (kondisi) berat, kritis, dan meninggal dunia adalah lansia. Jadi saya mohon lansia yang belum vaksin, vaksin sana,” kata Luhut pada jumpa prs virtual seusai Rapat Terbatas Evaluasi PPKM.

Selain mengenai umur, Luhut juga menyebut bahwa 42% di antara pasien meninggal memiliki komorbid. Sedangkan sebanyak 69 % belum divaksinasi lengkap.

Seperti diberitakan, pernyataan Luhut mengenai lansia saat menghadiri secara virtual Harlah ke-96 NU, Sabtu (5/2/2022) lalu mendapat perhatian dari berbagai kalangan.

Ketika itu, Luhut yang kini berusia 74 tahun meminta lansia atau warga dengan usia 60 tahun ke atas tidak keluar rumah sebulan ke depan.

Imbauan Luhut tersebut demi mencegah semakin meningkatnya penyebaran virus Covid-19, khususnya varian Omicron yang tengah mengancam saat ini.

“Saya usul dua minggu sampai sebulan ke depan untuk orang-orang yang saya sebut tadi kriteria 60 tahun ke atas, eloknya tinggal di rumah dulu sementara,” kata Luhut.

Perintaan Luhut tersebut ditujukan kepada warga dengan usia 60 tahun ke atas, belum divaksin dua kali, serta memiliki penyakit penyerta atau komorbid.