Juru Bicara Penanganan Covid-19 Prof Wiku

Eranasional.com – Satuan Tugas Penanganan Covid-19, mengungkapkan bahwa provinsi Bali akan menjadi percontohan awal penerapan bebas karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri sebelum diperluas ke level nasional.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan kebijakan bebas karantina akan diterapkan jika uji coba Bali bebas karantina yang dimulai 14 Maret mendatang berhasil tidak sampai menimbulkan lonjakan kasus positif Covid-19.

“Pemerintah berencana untuk melakukan uji coba di pertengahan bulan Maret dan awal April, dengan pertimbangan bahwa pemantauan uji coba bebas karantina kedatangan wisatawan asing di Bali, dalam beberapa waktu terakhir tidak menyebabkan kenaikan kasus secara signifikan,” kata Wiku dalam jumpa pers, Selasa (3/1/2022).

Dia berharap jika strategi ini berhasil maka Indonesia bisa mencoba masuk ke dalam situasi endemi hidup berdampingan dengan Covid-19 dengan batasan yang mulai diperlonggar.

“Dengan strategi kolaborasi dari seluruh pihak dalam menjalankan protokol kesehatan secara ketat di masa relaksasi bertahap ini, maka pemerintah meyakini bahwa kita mampu secara bertahap beraktivitas kembali dalam kondisi kasus yang terkendali,” ucapnya.

Diketahui, pemerintah telah memangkas masa karantina menjadi tiga hari bagi seluruh pelaku perjalanan luar negeri.

Kewajiban karantina akan dihapuskan pertama-tama di Bali pada 14 Maret 2022, kemudian akan diperluas ke seluruh Indonesia diperkirakan pada 1 April 2022. (suara)