Eranasional.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengecam keras serangan dan penembakan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Site Repeater B3 (CO 53M 756085 9585257) Distrik Mulia, Kabupaten Puncak, Papua pada Rabu (2/3/2022). Serangan tersebut, mengakibatkan delapan karyawan PT Tower Palapa Timur Telematika (PT PTT) tewas di tempat.

“Kami sangat mengecam insiden pembunuhan dan tindakan kekerasan fisik yang akibatkan hilangnya nyawa para pekerja dan teknisi lapangan PT PTT,” kata Johnny kepada wartawan, Jumat (4/3/2022).

Johnny sangat menyayangkan insiden tersebut. Apalagi, para karyawan tersebut sedang berupaya menjalankan tugas melakukan percepatan pemerataan konektivitas digital di Indonesia dan secara khusus di Papua. Johnny berharap aparat keamanan segera mengusut tuntas kasus tersebut dan memastikan pemulihan keamanan di sana.

“Kami harapkan agar penegakan hukum dan pemulihan keamanan dapat segera dilakukan oleh pihak yang berwenang,” tegas Johnny.

Johnny juga berharap semua elemen masyarakat baik di Papua atau di wilayah lain agar menciptakan situasi aman sehingga pembangunan bisa berjalan lancar termasuk infrastruktur Telekomunikasi

“Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama tetap menjaga dan menciptakan situasi yang aman agar pembangunan infrastruktur Telekomunikasi dapat dilakukan dengan lancar di Papua,” pungkas Johnny.

Sebelumnya, Johnny telah menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya delapan karyawan PT PTT di Kabupaten Puncak, Papua.

“Kami menyampaikan ucapan belasungkawa yang mendalam kepada keluarga dari pekerja PT PTT,” ujar Johnny.

Johnny mengatakan insiden keamanan pada Site Repeater B3 tersebut menyerang sembilan pekerja PTT dan mengakibatkan delapan karyawan PTT meninggal dunia di tempat. Selain korban jiwa, kata Johnny, insiden keamanan tersebut mengakibatkan kerusakan beberapa bangunan serta infrastruktur fisik di sekitar Site Repeater B3.

“Sejak tanggal 3 Maret 2022 hingga saat ini PT PTT sedang dalam proses evakuasi para pekerja PT PTT baik korban yang meninggal maupun seorang staf yang selamat dari Site Repeater B3 dengan memperhatikan situasi keamanan dan keadaan cuaca setempat. Untuk memperlancar proses evakuasi sedang dilakukan koordinasi dengan aparat keamanan dan berbagai pihak terkait di Papua,” ungkap Johnny.