Eranasional.com – Indonesia telah mengurangi persyaratan karantina dari lima hari menjadi tiga hari untuk pengunjung yang telah menerima dosis vaksin ketiga. Sebelum pandemi, Bali merupakan salah satu tujuan utama wisata warga Australia.

Dengan kebijakan anyar tersebut, Maskapai BUMN Garuda Indonesia, membuka kembali penerbangan langsung rute Sydney-Denpasar dengan Konter check-in di Bandara Internasional Kingsford Smith setelah ditutup hampir selama 2 tahun.

Dalam siaran pers KJRI Sydney, sejak diumumkannya rute penerbangan tersebut sekitar beberapa minggu yang lalu, Garuda telah menerima lebih dari 70 pemesanan. Pembatasan perjalanan yang telah berlangsung selama dua tahun terakhir telah membuat warga Australia rindu berlibur.

“Indonesia pun juga rindu menyambut kembali datangnya wisatawan dari Australia,” ujar Konsul Jenderal Republik Indonesia, Vedi Kurnia Buana, saat menyaksikan pembukaan kembali penerbangan langsung Garuda Indonesia dari Sydney ke Denpasar.

Pemerintah daerah di Bali telah bekerja keras untuk memastikan bahwa Bali siap menerima kembali wisatawan mancanegara. Mudah-mudahan dalam waktu dekat Indonesia akan membuka seluruh wilayahnya untuk wisatawan asing.

Senior Manager Garuda Indonesia di Sydney, Nyoman Sanjaya mengatakan, ini adalah penerbangan pertama kembali ke Denpasar setelah terbitnya kebijakan pelonggaran pembatasan perjalanan bagi pemegang visa yang telah menerima vaksinasi.

“Garuda telah secara aktif mempromosikan jadwal penerbangan yang baru dan berharap lebih banyak warga Australia dapat segera terbang kembali dengan Garuda,” ujarnya.

Sepasang penumpang, Andrew dan Blossom, mengungkapkan kegembiraannya karena akhirnya bisa kembali ke Bali.

“Kami punya bisnis di Bali, jadi kami senang akhirnya bisa kembali ke Bali. Bukan hanya untuk bisnis, tapi kami juga ingin berselancar di Uluwatu, makan enak dan mengunjungi teman-teman kami”, kata Andrew. (mp)