Eranasional.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membahas IKN Nusantara saat bertemu dengan Mohammed bin Salman (MBS), Sang Pangeran Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi. Luhut mengatakan dirinya membentuk tim untuk menindaklanjuti pembahasan dua negara itu.

“Saya makin merasa optimis ketika mendengar bahwa beliau ingin Arab Saudi ikut berkontribusi pada pembangunan IKN Nusantara, serta yang tak kalah penting, Arab Saudi akan bergabung dalam Sovereign Wealth Fund Indonesia (INA)” ucap Luhut, dalam unggahannya di media sosial instagram, seperti dilihat Minggu (6/3/2022).

“Tak mau melewatkan kesempatan baik ini, saya berinisiatif untuk membentuk tim terpadu yang dalam kurun waktu minggu depan sudah berangkat ke Riyadh untuk ‘follow up’ seluruh pembicaraan kita hari ini agar kami bisa langsung ‘set up’ kunjungan pihak Kerajaan Arab Saudi ke Indonesia sebelum bulan Ramadhan,” imbuhnya.

Luhut menuturkan selama bertemu MBS tak menyangka bisa disambut hangat di Kerajaan Saudi. Sebab, menurut informasi yang dia terima, MBS jarang menerima tamu dari luar.

“‘Another mystery of life’ bagi saya karena menurut Dubes Indonesia, Pangeran Mohammed Bin Salman sangat jarang menerima tamu dari luar, kecuali tamu dari negara-negara tetangga teluk,” ucapnya.

MBS, kata Luhut, menganggapnya sebagai sahabat bagi Saudi dan secara personal. Luhut juga menceritakan tidak ada rasa canggung saat bertukar pikiran dengan MBS.

“Karena saya yakin kami berdua punya visi dan misi yang sama, yaitu ingin kedua negara sahabat ini semakin maju dan berkembang IPTEK nya tanpa bergantung lagi pada energi fosil. Bahkan Pangeran Mohammed Bin Salman menyetujui semua pesan yang dititipkan oleh Presiden @jokowi kepada saya,” paparnya. (Detik)