Presiden Amerika Serikat Joe Biden

Eranasional.com – Amerika Serikat (AS) pada Kamis mengumumkan sanksi baru terhadap Rusia, yang menargetkan beragam individu dan entitas, termasuk empat kapal pesiar yang terkait dengan Presiden Vladimir Putin.

Kapal-kapal di mana Putin “memiliki kepentingan” termasuk Olympia yang berbendera Rusia dan Kepulauan Cayman, menurut Departemen Keuangan AS.

Dikatakan bahwa Putin “telah melakukan banyak perjalanan” di atas kapal, termasuk perjalanan di Laut Hitam pada tahun 2021 di mana dia menjamu Presiden Belarusia Alyaksandr Lukashenko.

Pemilik terdaftar mereka, termasuk individu dan entitas keuangan, juga telah ditempatkan di bawah hukuman finansial. Dua kapal lain “terkait dengan Putin,” — Shellest dan Nega — juga dikenai sanksi bersama pemiliknya.

Tindakan intra-lembaga yang terkoordinasi menjangkau berbagai target, termasuk juru bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova dan Alexey Mordashov, pemimpin perusahaan investasi swasta Severgroup, yang merupakan salah satu miliarder terkaya Rusia. Perusahaan itu juga ditambahkan ke dalam daftar hitam AS.

God Nisanov, seorang investor real estat yang merupakan salah satu individu terkaya di Eropa, dikenakan sanksi karena hubungan dekatnya dengan pejabat Rusia, seperti halnya oligarki Evgeny Novitskiy, menurut Departemen Luar Negeri AS.

“Elit Rusia, termasuk Presiden Putin, bergantung pada jaringan dukungan yang kompleks untuk menyembunyikan, memindahkan, dan mempertahankan kekayaan dan aset mewah mereka,” kata Brian Nelson, pejabat senior Departemen Keuangan untuk intelijen keuangan, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Tindakan hari ini menunjukkan bahwa Departemen Keuangan dapat dan akan menghukum mereka yang bertanggung jawab untuk melindungi dan mempertahankan kepentingan yang tidak sah ini. Kami akan terus menegakkan sanksi kami dan mengekspos sistem korup yang digunakan Presiden Putin dan elitnya untuk memperkaya diri mereka sendiri,” tambah pernyataan itu.