Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan

Eranasional.com – Sebuah video sekelompok orang yang konvoi motor sambil mengkampanyekan kebangkitan khilafah di Cawang, Jakarta Timur, menjadi viral dan perbincangan di media sosial beberapa waktu lalu.

Kabid Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan pihaknya telah mengantongi nama-nama pelaku yang ada di dalam video tersebut.

“Kami sudah mengidentifikasi profil setiap sosok yang terlihat di video itu. Jadi, proses penyelidikan terus berjalan,” kata Kombes Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Jumat (3/6/2022).

Kemudian, Zulpan mengatakan aksi konvoi itu diduga kuat dilakukan oleh kelompok Khilafatul Muslimin.

“Kami sudah mengetahui kelompok ini, Khilafatul Muslimin. Kami juga sudah mengetahui profil mereka yang terlibat,” jelasnya.

Namun, Zulpan enggan memberitahu siapa saja yang terlibat dalam konvoi khilafah tersebut. Ia hanya mengatakan nantinya akan ada tim khusus guna menyelidiki kasus konvoi beratribut khilafah tersebut.

“Nanti kami update lagi,” katanya.

Kabag Banops Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Pol Aswin Siregar mengatakan pihaknya sedang mengusut aksi sekelompok orang yang konvoi motor mengampanyekan kebangkitan khilafah sambil membawa poster hingga bendera bertulisan ‘Khilafatul Muslimin’.

“Kita lagi menyelidiki secara mendalam intensif lah ya, kita kumpulkan berbagai informasi tentang peristiwa ini,” kata Aswin kepada wartawan, Selasa (31/5/2022) lalu.

Aswin mengatakan pemimpin kelompok Khilafatul Muslimin, Abdul Qodir Baraja, pernah terlibat dalam peristiwa terorisme. Bahkan, sejumlah orang berada dalam kelompok ini juga pernah ditahan terkait kasus terorisme.