Emmeril Kahn Mumtadz

Eranasional.com – Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, rencananya dikebumikan di tempat pemakaman keluarga di kawasan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Almarhum Eril akan dimakamkan pada Senin, 13 Juni 2022.

“Yang dapat kami informasikan lagi, rencananya almarhum akan dimakamkan di pemakaman keluarga itu di daerah Cimaung di Kabupaten Bandung,” ujar Kepala Biro Administrasi Pimpinan Pemprov Jabar, Wahyu Mijaya, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat, 10 Juni 2022.

Wahyu menuturkan, pemilihan tempat pemakaman setelah adanya persetujuan dari pihak keluarga. Pemakaman Eril pun terbuka untuk masyarakat yang ingin mengantar dan mendoakan almarhum.

“Tapi nanti dibatasi karena lokasi pemakaman berada di perkampungan sehingga kapasitasnya terbatas,” terang Wahyu.

Pada dasarnya, kata Wahyu, keluarga Ridwan Kamil tak menghalangi siapa pun yang bersimpati terhadap Eril. Ia pun meminta maaf jika pada pelaksanaannya terdapat pengaturan yang mesti dipatuhi.

“Di sana itu kapasitasnya tidak bisa mencukupi untuk (pengantar) jumlah besar. Sehingga kalau misalnya ada beberapa pengaturan-pengaturan, kami juga mohon maaf dari awal,” tuturnya.

Wahyu menambahkan prosesi pemakaman Eril pada intinya tak ingin mengganggu aktivitas masyarakat di kawasan Cimaung. Sehingga ia berharap masyarakat yang ingin mendoakan agar tertib selama prosesi pemakaman almarhum Eril.

“Karena kita ingin keluarga nyaman, masyarakat di sana juga nyaman, semua yang hadir juga nyaman gitu. Jadi mohon maaf kalau misalnya ada beberapa pengaturan-pengaturan pada kondisi di lokasi,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ini tengah berada di Swiss, dalam proses pemulangan jenazah sang putra sulung Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Melalui akun Instagram-nya @Ridwankamil, mantan Wali Kota Bandung itu mengabarkan kondisi terkini jasad Eril.

“Walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh lengkap tidak kurang satu apa pun,” ungkapnya, Jumat, 10 Juni 2022.

Sebelumnya, polisi Bern, Swiss, menemukan jasad Emmeril Kahn Mumtadz (Eril). Jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil itu ditemukan pada pukul 6.40 waktu Swiss, Rabu, 8 Juni 2022.

“Kemarin kepolisian Bern telah bertemu kami bersama keluarga untuk menyampaikan informasi awal terkait ditemukannya Eril jam 6.50 waktu Swiss atau jam 11.50 waktu Indonesia,” kata Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad, dalam Breaking News Metro TV, Kamis, 9 Juni 2022.

Menurut Hadad, jasad yang ditemukan kepolisian itu dipastikan Eril setelah melakukan identifikasi dan penelusuran DNA. Hasil identifikasi dan DNA keluar pada hari ini.