Eranasional.com – Sejumlah tokoh nasional seperti Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Khofifah Indar Parawangsa (Gubernur Jawa Timur), Bima Arya (Wali Kota Bogor), Uu Rhuzanul Ulum (Wakil Gubernur Jabar), terlihat mendatangi Gedung Pakuan untuk bertakziah sebelum pada Senin (13/6/2022) jenazah Emmeril Kahn Mumtadz dimakamkan di Cimaung, Kabupaten Bandung.

Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa dia berbincang-bincang dengan Ridwan Kamil ketika di dalam Gedung Pakuan.

Menurutnya, ada sesuatu yang terlihat di wajah Ridwan Kamil sebuah kesedihan dan juga keikhlasan.

“Saya sampaikan ke beliau (Emil) bahwa warga Jateng mendoakan ananda (Eril) dan kang Emil sampaikan bahwa pada saatnya sangat berbahagia karena jenazah Eril bisa ditemukan,” katanya, Minggu (12/6/2022).

Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz tiba di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (12/6/2022). (Biro Adpim Jabar)

Ganjar juga menyebut Kang Emil bercerita terkait kondisi Eril saat ditemukan seorang guru.

Saat itu, katanya jasadnya dalam kondisi utuh dan wangi, bahkan wajahnya menengok ke arah kanan.

“Insya Allah ini menunjukkan proses pembaikan selama hidup (Eril). Sesuatu yang selama ini tak terceritakan dan tiba-tiba muncul dari banyak warga dan orang sekitar, yang ternyata Eril sering menolong. Saya atasnama pribadi dan mewakili warga Jateng mendoakan mudah-mudahan seluruh dosa almarhum diampuni dan amal ibadah diterima Allah,” katanya.

Sementara itu, Bima Arya memuji keikhlasan Ridwan Kamil dan Atalia meskipun wajah duka tak dapat tertutupi dari keduanya.

“Kami menyaksikan keikhlasan yang terlihat dari pak gubernur yang lebih kuat. Beliau sampaikan bahwa yang membuatnya ikhlas ialah banyak sekali mukjizat selama 14 hari sampai ditemukannya jasad Eril dalam kondisi baik. Pak gubernur juga bercerita terkait kronologis sampai di lokasi ditemukan Eril.”

“Kami meyakini ini semua karena kebaikan almarhum yang banyak memberikan manfaat. Ini kehendak Allah memberi rentang 14 hari yang banyak hikmah,” ujarnya seraya menegaskan gubernur dan sang istri sangat tenang.(*)