Eranasional.com – Hari ini, Selasa 21 Juni 2022 menjadi salah satu hari spesial bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia pada hari ini genap berusia 61 tahun.

Namun, Jokowi dikenal sebagai sosok yang sederhana. Jokowi sendiri mengaku tak terbiasa merayakan hari kelahirannya seperti menyelenggarakan acara besar.

Hal tersebut pernah disampaikan Jokowi pada saat momen kelahirannya ke 60, satu tahun lalu. Momen tersebut sempat ia bagikan melalui akun Instagram pribadinya.

“Seperti tahun-tahun yang silam, saya tak terbiasa merayakan hari ulang tahun sendiri. Apalagi sekarang, di tengah negeri ini sedang membutuhkan kerja keras kita semua untuk bersama-sama keluar dari pandemi,” kata Jokowi kala itu

Meskipun tak pernah merasa hari ulang tahunnya spesial, banyak yang memberikan ucapan selamat kepada Jokowi. Mulai dari jajaran menteri, pimpinan negara sahabat, sampai dengan masyarakat.

“Selamat ulang tahun bapak Presiden RI @jokowi yang ke 61 tahun. barakallah fii umrik,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Pada momen ulang tahunnya, Jokowi dipastikan akan tetap berkegiatan seperti biasa. Berdasarkan informasi yang dihimpun, Jokowi dikabarkan akan meresmikan pembukaan Rakernas II PDIP di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan Jakarta.

Jokowi merupakan putra sulung dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjatmi. Jokowi lahir dan besar di Surakarta, Jawa Tengah

Jokowi menikah dengan Iriana di Solo pada tahun 1986 dan dikaruniai tiga orang anak yakni Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Jokowi juga sudah memiliki tiga orang cucu yakni Jan Ethes Sri Narendra, Sedah Mirah, dan La Lembah Manah.

Karir Jokowi bermula dari seorang pengusaha mebel. Lulusan Universitas Gadjah Mada itu kemudian mengawali karir pemerintahannya sebagai Wali Kota Surakarta, Gubernur DKI Jakarta, hingga menjadi presiden hingga saat ini.