Timnas Basket, ajang IBL.

Eranasional.com- Indonesia siap menjadi tuan rumah kejuaraan bola basket FIBA Asia Cup 2022 yang akan diselenggarakan di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, 12-24 Juli mendatang.

Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga), Zainudin Amali mengatakan, seluruh instansi, kementerian, dan lembaga sudah satu suara menyatakan siap menggelar FIBA Asia Cup 2022.

“Secara keseluruhan, apa yang disampaikan oleh panitia pelaksana, Perbasi dan respons dari kementerian dan lembaga menanggapi bahwa ini sudah dalam keadaan siap menjadi tuan rumah,” ujar Zainudin dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (27/6).

Namun demikian, Zainudin menyebutkan beberapa hal yang harus disegerakan. Salah satunya adalah yang berkaitan dengan mekanisme visa on arrival atau visa kunjungan para peserta.

Kemudian Dari aspek keamanan, Kasubag Renmin Ops Polda Metro Jaya Nazarudin juga menyatakan siap mengamankan pelaksanaan selama FIBA Asia Cup 2022 berlangsung.

“Kami siap melaksanakan pengamanan mulai dari para peserta tiba bandara sampai pulang kembali, termasuk selama penyelenggaraan di Istora. Kami sangat siap dan akan mendukung pengamanan kegiatan ini,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana FIBA Asia Cup 2022 Junas Miradiarsyah menambahkan infrastruktur juga tak ada masalah karena lokasi pertandingan akan digelar di Istora GBK, dengan fasilitas pendukung lainnya adalah GBK Arena dan Hall Basket.

Sebelum menggelar FIBA Asia Cup, Indonesia akan terlebih dahulu menggelar Kualifikasi FIBA World Cup 2023 sebagai test event.

Timnas bola basket Indonesia akan menjamu Arab Saudi pada 1 Juli sebelum berjumpa Yordania pada 4 Juli mendatang di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.