Lapas Narkotika kelas IIA, Jakarta

JAKARTA, Eranasional.com- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam rangka penyelenggaraan Pembangunan Zona Integritas. Hal ini telah dibuktikan melalui 3 (tiga) satuan kerja pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta yang berhasil diusulkan meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) menuju tahap Tim Penilai Nasional di Tahun 2022.

Sebagai salah satu satuan kerja yang diusulkan Hari Jumat pagi 1 Juli 2022 Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta menyampaikan kesiapannya untuk mewujudkan Lapas Narkotika yang bersih dari korupsi.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta, Bayu Irsahara, memaparkan pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas satuan kerjanya kepada Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta (Ibnu Chuldun), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Marselina Budiningsih), Kepala Bagian Program dan Humas (Sardi), para Kepala Bidang dan Subbidang pada Divisi Pemasyarakatan serta rekan media di wilayah Jakarta Timur.

Bayu Irsahara “menyampaikan peningkatan sarana dan prasarana layanan publik yang terdapat di Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta. Program seperti pembinaan kemandirian dan kepribadian serta rehab sosial juga menjadi kegiatan yang penting untuk mewujudkan Warga Binaan Pemasyarakatan yang takwa, unggul dan bermanfaat. Selain implementasi 6 (enam) Area Perubahan ” Kalapas Bayu Irsahara pun menyebutkan beberapa inovasi unggulan yang diciptakan oleh Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta di antaranya yaitu Sapa WBP dan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE). “Inovasi kami diharapkan dapat memberikan pelayanan prima kepada WBP yang merupakan pengguna layanan kami. Dan semoga dapat mengantarkan kami untuk meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi ” Pungkas Bayu Irsahara yang dilanjutkan dengan teriakan semangat Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta.

Ibnu chuldun menerangkan sejarah singkat Reformasi birokrasi lewat Kementerian PANRB buah daripada Reformasi tahun 1998 yang dituntut Mahasiswa kala itu ” Pun di Tahun 2022 ini 16 Unit pelaksana teknis Pemasyarakatan DKI hanya Lapas narkotika yang Jakarta yg lolos Tpn…Kakanwil menghimbau jikalau ada info pelaksanaan pembinaan harap segera dikonfirmas” Kplp Aris diberikan penghargaan dari BNN dalam pencegahan peredaran Narkotika di dalam Lapas

Parade oleh wbp program Rehabilitasi pula Pramuka hasil pembinaan Binadik menyambut Kakanwil bersama Kadiv Pemasyarakatan pula Kalapas bersama Struktural saat mengantarkan para awak media memasuki komplek Lapas Kelas IIA Narkotika sembari menambahkan ”
Kakanwil Ibnu memastikan tidak ada pengendalian sejak menjabat maret 2021 pun Kadiv PAS bersama Kalapas intens melakukan penggeledahan hingga bisa mencapai Prestasi berupa penghargaan dari Instansi BNN pula Kepolisian kepada Kepala Pengamanan Aris atas kerja sama dalam pencegahan Narkotika ” Terang Kakanwil .