Timika, Eranasional.com – Hewan kurban sebanyak 6 ekor sapi dan 1 ekor kambing diterima oleh Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua guna disalurkan kepada pihak yang lebih membutuhkan.

Wakil ketua PD Muhammadiyah Mimika, Najih Syahroni, S.Pdi mengatakan, hewan kurban yang merupakan pemberian dari warga Muhammadiyah itu baru disembelih pada hari ini Ahad 10 Dzulhijjah meski pihaknya telah melaksanakan Shalat Idul Adha Sabtu kemarin.

“Kita potong (kurban) baru hari ini sama-sama dengan yang lain supaya kebersamaan pembagian qurban dapat dirasakan,” kata Syahroni di Timika, Ahad (10/07/22).

Ia menuturkan, total penerima kurban sebanyak 600 orang melalui kupon yang sudah disebarkan. Diutamakan kepada para yatim/piatu dan janda, selain itu kepada warga di area masjid setempat tanpa pandang agama tertentu.

Pemotongan dan pembagian hewan kurban berpusat di pelataran Masjid An -Nur Jalan Kebun Sirih Timika.

“Kami PD Muhammadiyah Mimika mengucapkan terimakasih atas sumbangsih hewan kurban dari para jamaah. Semoga kurban ini menjadi genjaran kelak dihadapan Allah SWT,” tandasnya.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan 9 Dzulhijjah jatuh pada Sabtu kemarin sesuai dengan perhitungan hisab, sehingga waktu pelaksanaannya berbeda dengan pemerintah yang merayakan Idul Adha pada Ahad 10 Dzulhijjah.