Eranasional.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit menunjuk Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, memimpin penyelidikan kasus baku tembak antara Brigadir J dengan Bharada E di rumah dinas Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo.

Kapolri telah membentuk tim khusus untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan atas baku tembak yang menyebabkan tewasnya Brigadir J.

“Saya telah membentuk tim khusus yang dipimpin Wakapolri, Irwasum, Kabareskrim, Kabin, ASDM, karena memang unsur tersebut harus kita libatkan, termasuk fungsi Provos,” kata Sigit di Mabes Polri, Selasa (12/7/2022).

Kapolri menjelaskan untuk penyelidikan kasus ini, Polri juga bekerja sama dengan lembaga eksternal yakni Komisi Kepolisian Naional (Kompolnas) dan Komnas HAM.

“Di satu sisi kami sudah menghubungi rekan dari luar, Kompolnas dan Komnas HAM terkait isu yg terjadi sehingga di satu sisi tentunya kasus ini bisa dilaksanakan pemeriksaan secara transparan dan objektif,” ujar Sigit.

Sigit mengaku mendapatkan banyak informasi dan berita liar terkait isu-isu yang berkembang di masyarakat. Karena itu, ia berharap dengan tim khusus ini kasus menjadi terang.

“Kami juga ingin peristiwa yang ada menjadi terang, oleh karena itu tim nanti akan dibentuk sehingga rekomendasi dari tim gabungan eksternal dan internal yang kita bentuk ini, jadi masukan yang akan digunakan untuk menindaklanjuti terkait dengan hal-hal terkait yang bisa kita dapatkan, untuk melengkapi proses penyelidikan dan penyidikan yang ada,” ujar Sigit.

Sigit juga mengatakan tak menutup kemungkinan tim khusus akan mengkaji kesaksian dan bukti dari keluarga korban.

“Tentunya kita harus telaah, cermati dan kita tangani secara transparan sesuai kaidah penyelidikan dan penyidikan yang sesuai apa yg diatur dengan scientific crime investigation,” kata Kapolri.