Menteri Perdagangan sekaligus Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) mengobrol dengan Walikota HA Afzan Arslan Djunaid saat berkunjung ke Pekalongan. (Foto:AbdulHakim/eranasional).

Jakarta – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan akhirnya buka suara soal dugaan berkampanye untuk putrinya sambil membagikan minyak goreng gratis merek MinyaKita kepada warga di Bandar Lampung akhir pekan lalu.

Pria yang akrab disapa Zulhas ini mengonfirmasi bahwa pembagian minyak goreng tersebut benar, akan tetapi kegiatan itu merupakan program pasar murah Partai Amanat Nasional, partai yang dipimpinnya, yang diadakan rutin setiap tahun sekali dan berlangsung saat hari libur kerja.

“Kemarin hari Sabtu itu, acaranya jelas. bukan baru mulai setahun lebih. Saya kan selain menteri, aslinya ketua partai. Jadi ketum partainya duluan, menterinya belakangan,” ujar Zulkifli di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Mengenai polemik yang berkembang selama ini, Zulkifli menganggapnya sebagai hal biasa.

“Cuman ada satu nyelonong, biasalah ya, kan ada jadi menteri itu kan ada yang pro kontra, ada politiknya juga,” kata dia.

Dalam video yang telah ditonton publik, Zulkifli mengajak masyarakat untuk memilih putrinya, Futri Zulya Savitri, di pemilu nanti. Futri akan maju menjadi calon anggota DPR dari daerah pemilihan Lampung I. Lokasi pembagian minyak goreng gratis di Kecamatan Telukbetung Timur, Bandar Lampung.

Terjadilah polemik setelah itu terhadap posisi Zulkifli yang menjabat menteri sekaligus ketua partai.

Bahkan, belum lama ini, usai kegiatan itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegurnya dan mengatakan agar menteri-menterinya fokus kerja.

“Saya minta semua menteri fokus bekerja, kalau Menteri Perdagangan yang paling penting urus seperti yang saya tugaskan kemarin,” kata Jokowi di Subang, Selasa (12/7).

Program minyak goreng gratis itu merupakan program Kementerian Perdagangan, yang baru dipimpinnya dalam sebulan terakhir. Zulhas dilantik Jokowi menjadi Mendag pada 15 Juni lalu.

Jokowi menegaskan telah menugaskan Zulhas untuk menurunkan harga minyak goreng curah menjadi Rp14 ribu per liter. Syukur-syukur harganya bisa di bawah Rp14 ribu per liter.

“Bagaimana menurunkan harga minyak goreng menjadi Rp14 ribu atau di bawah Rp14 ribu. Paling penting itu, tugas dari saya itu,” ungkap Jokowi.