Parpol Baru

Menurut pakar komunikasi politik dari Universitas Nasional Jakarta, Lely Arrianie, patut menjadi sorotan dalam Pilpres 2024 adalah sepak terjang dari parpol baru. Pasalnya, banyak parpol baru yang akan mencoba peruntungan masuk ke dalam peta pertarungan politik di Pemilu 2024. Apalagi ambisi para tokoh-tokoh yang tersingkir di parpol lama akan membentuk parpol baru demi mendapat kursi di DPR RI.

“Jadi mereka tidak ingin lagi sekadar jadi penggembira dalam Pemilu 2024 karena mereka ingin punya wakil di DPR,” katanya dilansir dari VOA.

Namun parpol baru harus belajar dari pemilu sebelumnya. Pasalnya, sejak era reformasi tidak semua partai baru bisa melenggang ke Senayan.

“Sejatinya berdasarkan pemilu sebelumnya mereka yang tidak lolos parliamentary threshold itu pasti akan berusaha mati-matian. Salah satu contohnya menempatkan figur populer di posisi-posisi elite partai sehingga dianggap bisa memancing suara. Dengan cara itu mereka tidak ingin kalah. Jadi ada strategi komunikasi pemasaran politik yang harus lebih digiatkan oleh parpol tersebut,” pungkas Lely. (VOA)