Politisi PDIP Azwar Anas. Foto Instagram @Azwaranas

JAKARTA, Eranasional.com- Teka teki terkait sosok Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pengganti almarhum Tjahjo Kumolo akhirnya terjawab sudah. ISosok tersebut ialah Abdullah Azwar Anas, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang menjabat sejak Januari 2022.

Sebelum jabat Kepala LKPP, Azwar Anas yang merupakan Politisi PDI Perjuangan itu adalah Bupati Banyuwangi selama dua periode (2010-2021).

Presiden Joko Widodo disebut-sebut bakal melantik Azwar Anas siang ini, Rabu (7/9/2022) pukul 13.30 WIB di Istana Kepresidenan, Jakarta.

“Hari ini jam 13.30 pelantikan Menpan RB. Azwar Anas yang dilantik,” kata sumber di pemerintahan yang juga diamini sumber pejabat internal Menpan RB.

Kursi Menpan RB mengalami kekosongan sepeninggal Tjahjo Kumolo. Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menjadi pelaksana tugas (Plt) Menpan RB.

Mahfud menjadi Plt Menpan RB terhitung sejak 16 Juli 2022 sampai ditunjuknya Menpan RB definitif.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 75 tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Penunjukan Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menpan-RB Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024. Peraturan ini diteken Jokowi pada 12 Juli 2022.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto sebelumnya menyatakan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyerahkan tiga nama kader banteng untuk mengisi posisi Menpan RB. Namun, dia tidak menjelaskan secara rinci terkait sosok nama yang disodorkan Megawati ke Jokowi.

“Nama-nama sudah diserahkan. Sehingga bapak presiden Jokowi lah yang akan menetapkan dan akan menentukan kapan momentumnya,” ucap Hasto. (fjr).