MENTERI Sosial, Juliari Batubara saat meninjau pembagian bansos di Depok. (foto Pikiran Rakyat )

Eranasional.com – Menteri Sosial Juliari P Batubara Langsung turun untuk memantau bantuan dari presiden senilai Rp.600.000 yang berupa paket sembako bagi sejumlah penerima manfaat dikelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok pada kamis, 14 Mei 2020.

“ada sekitar 123 ribu KK, penerima manfaat bantuan presiden di kota Depok yang sudah didata sehingga berhak mendapat bantuan.” Kata Juliari P Batubara.

Sebelumnya untuk pendataan dilakukan oleh pemerintah Kota Depok, Sedangkan untuk kementrian hanya memberikan anggaran untuk kuota bantuan.

Mensos memastikan untuk warga yang sudah terdata akan mendapatkan 2 kali bantuan presiden dalam satu bulan selama 3 bulan kedepan atau total warga akan mendapatkan paket bantuan dari presiden ada enam kali bantuan.

Dia juga meminta kepada pemerintah kota agar memberikan daftar warga yang belum menerima bantuan sehingga cakupan bantuan lebih meluas.

“Bantuan ini semua dari Bapak Presiden Jokowi melalui Mensos. Kami berharap agar pemerintah daerah memberikan daftar warga yang belum mendapat bantuan. jadi cakupannya lebih luas.” katanya.

Juliari Juga menuturkan bantuan senilai 600.000 berupa paket sembako tersebut diberikan kepada warga yang terdampak yang benar benar membutuhkan.

Dia menambahkan warga terdampak yang dimaksud merupakan warga yang sebelum Covid-19 masih aktif bekerja namun sekarang terpaksa harus berhenti bekerja karena dampak pandemi Covid-19.

“warga terdampak biasa mendapatkan income rutin setiap bulan nya tiba tiba terganggu. (sementara) mungkin harus ngasih makan istri dan anak-anaknya.”. tuturnya.

“makanya kami mengajukan bansos ini dikhususkan untuk warga yang belum menerima bantuan apa-apa.” tambahnya

Dia menambahkan ada tiga skema bantuan selama pandemi corona ini berlangsung baik dari pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah kota.

Tiga bantuan ini akan saling melengkapi khususnya bagi warga yang belum mendapatkan jenis bantuan tersebut. (red/PR)