Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal moda Light Rail Transit (LRT) Jabodebek. (Foto: Biro Setpers RI).

JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencoba LRT dari Stasiun Harjamukti, Depok, Jawa Barat, sampai Stasiun Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Senin (26/12). LRT Jabodebek ini ditargetkan dapat beroperasi pada Juli 2023.

“Kita harapkan pada bulan Juli 2023 sudah bisa beroperasi, berbarengan dengan kereta cepat,” kata Jokowi di Stasiun LRT TMII, Senin (26/12/2022).

Jokowi menjelaskan, LRT Jabodebek mampu menampung kapasitas 420 penumpang. Saat ini pengerjaan LRT Jabodebek baru di angka 87%.

Jokowi lantas menceritakan pengalamannya menggunakan LRT dari Stasiun Harjamukti, Depok, menuju Stasiun TMII. Katanya, hanya membutuhkan 12 menit untuk menempuh perjalanan sejauh 9 KM.

“Dengan kecepatan ketera 80 KM per jam. Sangat cepat sekali dan tanpa masinis,” tuturnya.

Selain cepat, kata Jokowi, ketika melaju, LRT Jakarta tidak mengeluarkan suara bising. “Saya tadi nyaman, cepat, dan tidak berisik. Saat belokan terdengar bunyi kecil sekali,” kata Jokowi bercerita.

Presiden Jokowi menyatakan dirinya bangga dengan proyek LRT Jabodetabek, karena transportasi ini diproduksi langsung oleh PT Industri Kereta Api (INKA). Dia menyebut, kereta ini nantinya melaju tanpa masinis.

“Senang dan bangga sekali kita. Kereta ini buatan INKA. Semuanya buatan INKA, termasuk sistem tanpa masinisnya dari INKA,” pungkasnya.