Sandiaga Uno disebut hengkang dari Partai Gerindra dan bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). (Foto: ISTIMEWA)

JAKARTA, Eranasional.com – Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengaku mendengar kabar bahwa kolega separtainya, Sandiaga Uno akan resmi menjadi anggota Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dalam waktu dekat.

Dasco mengungkapkan, dirinya mendapat kabar tersebut dari anggota DPR RI Fraksi PPP.

“Saya sudah mendengar kabar dari teman-teman Fraksi PPP di DPR, bahwa Pak Sandi sebentar lagi resmi menjadi anggota PPP,” kata Dasco di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Dia menjelaskan, jika benar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) tersebut bergabung dengan PPP, maka yang berwenang mencalonkan Sandiaga Uno sebagai capres adalah PPP.

Sekadar informasi, Sandiaga Uno telah berulang kali menyatakan dirinya siap maju di Pilpres 2024. Padahal, Gerindra telah mendeklarasikan akan mengusung ketua umum mereka, Prabowo Subianto sebagai capres 2024.

“Kalau memang sudah resmi bergabung dengan PPP, jangan tanya lagi ke Gerindra dong,” ucapnya.

Walau begitu, lanjut Dasco, Gerindra belum menerima surat pengunduran diri Sandiaga Uno. Sejauh ini dirinya hanya mendengar kabar tersebut dari rekannya di PPP.

PPP Bersyukur Sandiaga Uno Bergabung

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menyatakan PPP bersyukur apabila informasi yang dikatakan Sufmi Dasco Ahmad soal Sandiaga Uno gabung dengan partainya benar apa adanya.

“Kalau informasi itu benar, ya alhamdulillah,” kata Awiek, panggilan akrabnya, Rabu (28/12/2022).

Dia lantas mengatakan, hubungan PPP dengan Sandiaga Uno sejauh ini baik-baik saja. Bahkan, Sandi kerap datang ke acara PPP sebagai narasumber, dalam hal ini sebagai Menparekraf.

“Diundang oleh pengurus PPP, beliau responsive karena diundang atas nama pejabat negara yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” tuturnya.

Walau begitu, Awiek menekankan, bahwa PPP tetap menghormati Gerindra. Apalagi hingga saat ini Sandiaga Uno masih tercatat sebagai kader Gerindra.

“Kalau kemudian ada informasi dari Gerindra seperti itu, ya mudah-mudahan, kita menyambut dengan baik,” ujar Achmad Baidowi.

“Kader PPP juga banyak yang dekat dengan Pak Sandi,” sambungnya.