Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subiantio dan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno. (Foto: ISTIMEWA)

JAKARTA, Eranasional.com – Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno, dirumorkan akan pindah ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hanya tersenyum menanggapi hal itu.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menceritakan saat Prabowo mendengar kabar Sandi akan menyeberang ke PPP.

“Kemarin saya bertemu dengan Pak Prabowo. Diceritakan soal ini, beliau tidak berkomentar apa-apa, hanya tersenyum saja. Karena tidak ada pembahasan lebih lanjut, ya sudah kita enggak bahas,” kata Sufmi Dasco di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat

Dasco menyebut hingga saat ini DPP Partai Gerindra belum menerima surat pengunduran Sandiaga Uno. Namun, dia mengingatkan jika Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu resmi bergabung dengan PPP maka statusnya di Gerindra otomatis akan gugur.

“Saya cek sampai saat ini surat pengundurannya belum ada. Tapi di UU Partai Politik, kalau seseorang beralih menjadi kader partai lain, otomatis keanggotan partai sebelumnya gugur,” jelasnya.

Menurut Dasco, hak setiap kader untuk menentukan arah politiknya. Namun, dia memastikan Gerindra hanya mencalonkan satu nama capres, yakni Prabowo Subianto.

“Bahwa kemudian yang bersangkutan (Sandiaga Uno) mencalonkan diri sebagai capres atau cawapres silakan saja. Namanya keinginan sah-sah saja,” ujar Sufmi Dasco.

“Pastinya, di Gerindra cuma satu slot, yaitu Pak Prabowo. Kalau ada yang kepengen juga, berarti harus ambil slot lain dari partai lain,” sambungnya.

Sebelumnya, Sufmi Dasco Ahmad mengaku dirinya diberitahu oleh anggota DPR RI dari Fraksi PPP bahwa tak lama lagi Sandiaga Uno akan resmi bergabung dengan PPP.

Penjelasan Sandiaga Uno

Sandiaga Uno menepis rumor yang menyebutkan dirinya akan bergabung dengan PPP. Dia menceritakan awal munculnya isu pindah dari Gerindra ke PPP.

Katanya, isu tersebut berawal saat dirinya datang ke Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum, Banyuanyar, Jawa Tengah. Saat itu dirinya memang diundang oleh pengurus PPP.

“Dua minggu lalu saya diundang ke acara Ponpres Darul Ulum Banyuanyar oleh pengurus PPP Bapak Awiek (Achmad Baidowi), Ketua DPP PPP,” kata Sandiaga Uno, Kamis (29/12).

Saat itu, lanjut Sandi, dirinya bertemu dengan relawan pendukung Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019 silam. Pasca pertemuan itu, berkembang rumor yang menyebutkan dirinya akan pindah ke PPP.

“Pada saat itu saya menampung aspirasi dari para pendukung Prabowo-Sandi untuk memberikan bagaimana solusi ekonomi, bagaimana mengelosa wisata di desanya. Aspirasi itu disampaikan ke saya,” tuturnya.