Cristiano Ronaldo resmi bergabung dengan klub Arab Saudi, Al Nassr

JAKARTA, eranasional.com – Kabar mengejutkan datang dari dunia bintang sepak bola dunia, Kapten Portugal Cristiano Ronaldo resmi bergabung dengan klub Arab Saudi Al Nassr, dengan kesepakatan yang berlangsung hingga 2025.

Ronaldo yang meninggalkan Manchester United (MU), usai wawancara kontroversial mengkritik klub, Ronaldo disebut akan menerima gaji sepak bola terbesar dalam sejarah. Nilainya, lebih dari 177 juta poundsterling atau Rp 3,3 triliun per tahun.

“Saya antusias menyambut liga sepak bola baru di negara yang berbeda,” ujar Ronaldo seperti dikutip BBC, Jumat (30/12).

“Saya beruntung, telah memenangkan semua yang ingin saya menangkan di sepak bola Eropa. Sekarang ini adalah saat yang tepat untuk berbagi pengalaman di Asia,” imbuh pemain berusia 37 tahun itu.

Al Nassr yang telah sembilan kali menjuarai Liga Pro Saudi, menggambarkan penandatanganan itu sebagai momen bersejarah.

“Kami akan menginspirasi liga, bangsa, dan generasi masa depan kita, anak laki-laki dan perempuan untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri,” kata Al Nassr

Di musim panas lalu, Ronaldo menolak tawaran 305 juta poundsterling atau Rp 5,74 triliun untuk bergabung dengan tim Saudi lainnya, Al Hilal. Karena dia masih betah di MU.

Dalam wawancara dengan Piers Morgan untuk TalkTV, Ronaldo mengaku dikhianati oleh Setan Merah. Dia tidak suka dengan manajer Erik ten Hag, dan dipaksa keluar dari klub

Ronaldo yang mencetak 145 gol dalam 346 penampilan untuk MU, meninggalkan Juventus untuk bergabung kembali dengan klub Old Trafford pada Agustus 2021. Atau 11 tahun setelah dia bergabung dengan Real Madrid.

Dengan MU, Ronaldo sebetulnya masih punya tujuh bulan sisa kontrak, dengan nilai 500 ribu poundsterling per minggu. Namun, kepergiannya telah disepakati bersama.

Sehari setelah dia meninggalkan klub, Ronaldo dilarang tampil di dua pertandingan domestik, karena menjatuhkan telepon dari tangan penggemar Everton, usai Setan Merah keok di Goodison Park, April lalu.

Dia akan menjalani larangan di level domestik dengan klub baru mana pun di Inggris atau di luar negeri meski tidak berlaku di level klub kontinental, seperti Liga Champions