Foto: Sandiaga Uno

JAKARTA – Menparekraf Sandiaga Uno menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Sandiaga melaporkan soal sektor pariwisata selama liburan Natal dan Tahun Baru 2023.
“Saya diminta melaporkan tentang pariwisata di liburan Nataru yang baru saja kita lalui, di mana di beberapa destinasi unggulan seperti Bali, kebangkitannya sudah sangat terlihat dan target kunjungan wisman terlampaui di tahun ini, dari target optimis 3,6 juta kita capai 5,2 juta. Jadi kenaikannya hampir 70% di atas target,” kata Sandiaga kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/12/2023).

Sandiaga mengatakan ekonomi kreatif juga mengalami peningkatan signifikan dari target pada 2022. Selain itu, jumlah tenaga kerja juga melonjak dratis selama 2022.

“Namun yang paling menjadi kegembiraan adalah penambahan jumlah tenaga kerja pariwisata dan ekonomi kreatif yang ditargetkan 1,1 juta tahun 2022 kemungkinan akan di angka di atas 3 juta. Jadi 3 kali lipat dari prediksi,” ujar Sandiaga.

Dia menargetkan kunjungan wisatawan meningkat pada 2023 ini. Sandiaga menggarisbawahi arahan Presiden Jokowi soal limpahan kunjungan turis luar negeri.

“Dan arahan Bapak Presiden kita pastikan kita pastikan dapat limpahan dari mancanegara namun dengan PPKM berakhir kita tetap siap siaga sehingga tentu kegiatan wisata yang banyak memberi dampak ekonomi bisa terus bertumbuh dan pulih di 2023,” imbuh Sandiaga.

Mantan Wagub DKI itu lantas mencontohkan dampak besar pencabutan PPKM di Labuan Bajo dan Bali. Destinasi wisata unggulan kini semakin ramai dikunjungi wisatawan.

“Ini yang perlu kita jaga momentum pemulihan ini, dengan menambah kapasitas jumlah penerbangan dan ketersediaan kursi dn juga dari segi keandalan, dari segi transportasi agar konektivitas terus bisa kita tingkatkan,” tutur Sandiaga. **