Wakil Ketua Dewan Pembina Sandiaga Uno. (Foto: ISTIMEWA)

JAKARTA, Eranasional.com – Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mempersilakan Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Gerindra Sandiaga Uno untuk mengikuti kontestasi Pilpres 2024. Namun, mekanismenya melalui partai lain.

Dia menegaskan, Gerindra sudah memutuskan untuk mengusung kembali ketua umumnya, Prabowo Subianto.

“Kalau ada kader lain yang berkeinginan maju, ya silakan saja, enggak masalah. Tapi melalui partai lain,” kata Sufmi Dasco di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (3/1/2023).

Dasco memastikan, tidak ada keinginan dari Prabowo dan Gerindra untuk menghalang-halangi keinginan Sandiaga Uno. Sebab, keinginan untuk berkontestasi di Pilpres 2024 merupakan hak politik bagi seluruh warga negara Indonesia.

“Apa yang saya sampaikan ini sebagai bentuk penghargaan pada alam demokrasi kita. Tidak ada dari kami melarang apabila ada yang ingin ikut kontestasi. Silakan saja,” ujarnya.

“Tentunya tidak melalui Partai Gerindra,” sambungnya.

Sandiaga Uno Sebut Dirinya Masih Kader Gerindra

Sebelumnya, Sandiaga Uno menyatakan dirinya masih kader Partai Gerindra. Dia memastikan akan tetap mematuhi arahan dari pimpinan partainya itu terkait langkah politiknya ke depan.

“Terkait dengan langkah-langkah politik ke depan, sebagai kader yang loyal, tentu akan saya koordinasikan dengan pimpinan. Karena Gerindra itu partai yang menaungi dan membesarkan saya,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) ini di sela-sela kunjungan kerja di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (29/12/2022) lalu.

Sandiaga Uno juga dirumorkan akan pindah ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Hal itu diungkapkan Sufmi Dasco Ahmad pada akhir Desember 2022. Dia mengaku mendapatkan informasi dari anggota Fraksi PPP di DPR RI.