Presiden Jokowi meninjau RSUD Arifin Achmad, di Pekanbaru, Riau

JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar semua rumah sakit yang melayani pasien BPJS memiliki standar pelayanan yang baik. Pasalnya, kata dia, BPJS saat ini sudah memiliki uang untuk membayar biaya rumah sakit dengan tepat waktu.

Hal ini disampaikan Jokowi melihat pelayanan BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Rabu (4/1/2023). Adapun kunjungan Jokowi ini dilakukan secara mendadak.

“Kita harapkan tidak hanya di Pekanbaru, di rumah sakit yang lain baik yang rumah sakit milik pusat, milik provinsi, milik kabupaten/kota, milik swasta yang ikut BPJS semuanya memiliki standar pelayanan yang baik semuanya,” jelas Jokowi kepada wartawan

“Karena sekarang tidak seperti yang dulu BPJS telat bayar, sekarang enggak. BPJS memiliki duit yang cukup untuk membayar tepat waktu,” sambungnya

Dia mengaku kunjungan ini untuk memastikan bahwa pasien BPJS dilayani dengan baik. Jokowi menyebut beberapa pasien BPJS di RSUD Arifin Achmad pun mengaku dilayani dengan baik.

“Saya cek tadi mulai dari pendaftaran. Kemudian di pelayanan untuk obat, kemudian naik di pelayanan di kamarnya. Saya bertanya ke beberapa pasien, semuanya dilayani dengan baik,” jelasnya

Di sisi lain, Jokowi menilai perlunya dibangun rumah sakit penyakit khusus di Kota Pekanbaru. Dia pun menyatakan pemerintah siap memberi bantuan untuk pembangunan rumah sakit penyakit khusus di Pekanbaru.

“Tadi memang ini masih kurang, kebutuhan rumah sakit di Pekanbaru adalah rumah sakit khusus misalnya jantung, rumah sakit khusus mungkin untuk kanker, ini yang dibutuhkan di Provinsi Riau,” tutur dia.

“Baru saya bicarakan dengan Pak Gubernur Riau, tanahnya mungkin disiapkan dari Provinsi, nanti kita bangunan dan alkesnya (alat kesehatan). Tapi baru dibicarakan,” imbuh Jokowi.