Kapolda Metro Jaya Irjen Fadli Imran merangkul Jacklyn Choppers dan MP Ambarita. (Foto: ISTIMEWA)

JAKARTA, Ernasional.com – Dua personel Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Aiptu Jakaria alias Jacklyn Choppers dan Aipda MP Ambarita kembali ditugaskan ke lapangan untuk menangani kasus tindak kriminal, khususnya kejahatan di jalanan. Hal itu disampaikan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran pada, Sabtu (31/12/2022) lalu.

Saat itu, Kapolda Fadil memaparkan mengenai tren kasus kejahatan atau tindak kriminal di wilayah Polda Metro Jaya sepanjang 2022 yang mengalami peningkatan.

“Perkembangan situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polda Metro Jaya di tahun 2022, terjadi tindak pidana sebanyak 36.608 kasus,” kata Fadil Imran di Balai Pertemuan Mapolda Metro Jaya.

Dari paparan Fadil itu, terungkap bahwa kejahatan yang ditangani Polda Metro Jaya mengalami peningkatan dibandingkan pada 2021.

Berdasarkan catatan yang ada, pada 30 Desember 2021, kumulatif tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya berjumlah 30.124 kasus.

Mungkin berdasarkan kondisi tersebut, Fadil Imran mengungkapkan bahwa Jacklyn Choppers dan MP Ambarita akan dipindahkan dari Bidang Humas Polda Metro Jaya ke posisi mereka semula. Keduanya akan kembali bertugas untuk mengantisipasi dan menangani tindak kejahatan, serta menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

“Ambarita akan kembali hadir di jalan bersama Perintis Presisi, Jack akan kembali ke Reserse, menjadi Reserse yang humanis,” ucapnya.

Fadil mengaku dirinya kalah dari Jacklyn dan Ambarita. Dia menilai satu setengah tahun menjadi waktu yang cukup bagi kedua personel Polri itu “bertapa” di Bidang Humas Polda Metro Jaya.

Kini, lanjut Fadil, sudah saatnya Jacklyn dan Ambarita kembali bertugas mengantisipasi dan menangani tindak kejahatan, serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Saya kalah dari Ambarita dan Jack. Mereka selalu di hati masyarakat Jakarta. Itu yang Anda semua harus pelajari dari mereka,” tegas Fadli.

Mendengar itu, Jacklyn Choppers dan MP Ambarita mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. Fadil pun menaruh harapan besar kepada kedua personel polisi tersebut, agar institusi Polri semakin dicintai dan dibanggakan masyarakat, khususnya di Jakarta.

“Mudah-mudahan dalam pertapaannya, keduany menemukan sesuatu yang bara, yang nantinya lebih mengasah hati dan pikirannya untuk lebih melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat Jakarta,” pintanya.

Jacklyn dan Ambarita secara kompak menyatakan siap menjalankan segala tugas dan arahan yang diberikan Fadil Imran selaku pimpinan di Polda Metro Jaya.

“Apapun keputusan pimpinan untuk gue, mau balik ke Reserse atau masih tetap di Bidang Humas, ya gue akan tetap jalanin tugas sebaik mungkin,” ucap Jacklyn, Kamis (5/1/2023).

“Intinya, gue akan menjaga amanah yang diberikan pimpinan kepada gue,” kata Jacklyn Choppers menambahkan.

Sikap yang sama diucapkan Aipda MP Ambarita. Dia mengatakan akan mengemban tugas yang diberikan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran sebaik mungkin dan penuh rasa tanggung jawab.

“Apa yang sudah diperintahkan M1 (Kapolda Metro Jaya), akan saya emban dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Ambarita.

Seperti Jacklyn, Ambarita menyatakan dirinya tidak pernah mempermasalahkan posisi maupun tugas yang diberikan pimpinan kepada dirinya. “Di manapun saya ditugaskan, saya akan tetap pada prinsip Satya Haprabu dan Tekadku Pengabdian Terbaik,” pungkasnya.