Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menghadiri sebuah acara beberapa waktu lalu. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang juga Ketua Umum Partai Gerindra. Keduanya bertemu di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (6/1/2023).

Pertemuan keduanya dilakukan saat isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju menguat. Lantas, apakah kedua tokoh politik itu membahas soal reshuffle tersebut?

Juru Bicara Menhan Dhanil Ahzar Simanjuntak menegaskan, keduanya hanya membahas soal pemerintahan.

“Reshuffle adalah kewenangan penuh Presiden. Pak Menhan dipanggil terkait pemerintah,” jelas Dahnil.

Sementara itu, menurut Deputi Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan bahwa saat bertemu Jokowi dan Prabowo membahas mengenai rapat pimpinan (rapim) Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Presiden Jokowi diundang dalam rapim tersebut.

“Menhan Prak Prabowo minta waktu kepada Bapak Presiden untuk menjelaskan tentang rapim Kemenhan pada 18 Januari mendatang,” kata Bey.

“Pak Menhan juga mengundang dan mengharapkan kehadiran Bapak Presiden, jika belum ada agenda pada waktu yang sama,” sambungnya.

Sekadar informasi, setahun yang lalu, tepatnya 14 Juni 2022, Jokowi dan Prabowo bertemu di Istana Kepresidenan. Pertemuan itu seiring isu reshuffle kabinet. Kala itu, reshuffle kabinet disebut-sebut akan dilakukan pada 15 Juni 2022.

Kabar itu terbukti dengan dilantiknya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) dan Hadi Tjahanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) pada 15 Juni 2022.