Binaragawan Ade Rai membagikan tips yang dapat menurunkan berat badan hanya dalam waktu seminggu melalui channel YouTubenya.
Ade Rai

JAKARTA, Eranasional.com – Binaragawan Ade Rai membagikan tips yang dapat menurunkan berat badan hanya dalam waktu seminggu melalui channel YouTubenya.

Kebanyakan orang kerap mengidam-idamkan berat badan yang ideal. Bahkan, tak sedikit yang akan melakukan berbagai cara untuk menurunkan atau sekedar menjaga berat badannya.

“Kalau saya boleh jujur sebenarnya ini bukan janji, tapi ini murni bener akan menjadi sebuah garansi kalau temen-temen mau melakukan step-step ini,” kata pria kelahiran 6 Mei 1970 itu.

Salah satu metode menurut Ade Rai yang berpengaruh dalam penurunan berat badan adalah intermittent fasting atau diet puasa.

Menurut Ade Rai, jika melakukan intermittent fasting, tujuannya supaya tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber tenaga, karena tidak ada makanan lain yang diberikan kepada tubuh. Badan akan menggunakan lemak sebagai cadangan makanan (stored food) untuk dipecah.

Selain itu, kuncinya adalah mengontrol jumlah karbohidrat dan sumber karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Pilih sumber karbohidrat yang alami, yang terdapat kandungan gula tetapi juga ada kandungan serat.

“Maka tentunya sayur-sayuran atau mungkin seperti misalnya ubi, mungkin kentang kadang-kadang kita makan juga sama kulitnya jadi menambah seratnya lebih tinggi otomatis potensi untuk disimpan di dalam sel lemak itu menjadi lebih kecil,” jelasnya.

Makanan seperti sayur-sayuran, ubi, atau kentang dapat menjadi pilihan ketika memilih makanan untuk menurunkan berat badan. Namun, Ade Rai menjelaskan walaupun dengan porsi yang sedikit. Jika salah memilih sumber karbohidrat yang buruk, maka tidak akan memaksimalkan dalam menurunkan berat badan. Makanan apa saja?

  1. Keripik Kentang dan Kentang Goreng

Ternyata, olahan kentang goreng merupakan jenis makanan yang bisa bikin gemuk. Dikutip dari detikBali, dalam situs US Department of Agriculture, disebutkan bahwa satu porsi rata-rata 4 ons atau 117 gram kentang goreng cepat saji bisa mengandung sekitar 378 kalori.

  1. Kue

Menurut data situs US Department of Agriculture, 1 kue cokelat kepingan besar bisa mengandung lebih dari 220 kalori. Makanan tersebut tentu bisa bikin gemuk.

  1. Roti

Sayangnya roti sering mengandung banyak gula tambahan. Bahkan, salah satu studi menemukan bahwa dua iris roti putih perhari dikaitkan dengan risiko 40 persen lebih besar pada kenaikan berat badan dan obesitas. **