Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama PWNU DKI Jakarta memanen budi daya ikan dalam ember program ‘Juragan Lele Lalap’. (Foto: ISTIMEWA)

JAKARTA, Eranasional.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta memanen hasil budi daya ikan dalam ember melalui program ‘Juragan Lele Lalap’.

Hasil panen tersebut menghasilkan ratusan kilo lele dan meraup omzet hingga belasan juta rupiah.

Sandiaga Uno menjelaskan, kegiatan ini bekerja sama dengan Rumah SandiUno Indonesia (RSI) dan Rumah Siap Kerja (RSK).

Adapun panen dilakukan usai masa budi daya berlangsung tiga bulan.

“Alhamdulillah hasil panennya mencapai 470 Kg dan di harga Rp25.000 per pack, menghasilkan Rp15-17 juta,” kata Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis, Minggu (8/1/2023).

Dalam kegiatan yang berlangsung di Kantor Sekretariat PCNU Jakarta Timur, Sabtu (7/1), Sandiaga menyempatkan diri membuat bumbu lele frozen sambil memakai apron (celemek) layaknya seorang koki.

Di kesempatan itu, dia juga menyerahkan bantuan pasca panen berupa peralatan pengolahan ikan menjadi lele frozen dan pelatihan.

“Tidak hanya dinikmati para santri, tapi juga membantu ekonomi di sekitar di mana kita berada. Dan ikan lele ini proteinnya bisa meningkatkan intelektualitas dan daya ingat para santri untuk menghafal tambahan jusz-juz sehingga Insya Allah bisa menjadi hafiz,” tuturnya.

Sebelumnya, pada 9 Oktober 2022 lalu, Menparekraf Sandiaga Uno menyulap lahan tidur menjadi tempat budi daya ikan melalui program ‘Juragan Lele Lalap’ di Kantor Sekretariat PCNU Jakarta Timur. Ia memberikan bantuan 5 unit kolam biolflok, 50 unit Budi Daya Ikan Dalam Ember (Budikdamper), 6.000 ekor bibit ikan lele, dan bibit kangkong.

“Inilah konsep kegiatan yang menunjukkan Islam yang Rahmatan lilalamin, bahwa lahan-lahan yang Allah berikan kita sulap menjadi lahan produktif,” kata Sandiaga Uno.

Sementara itu, Rois Syuriah PCNU Jakarta Timur, KH Ibnu Mulkan menyebut program ini sangat bermanfaat. Dia berharap para pengurus NU bisa memasarkan hasil olahan ke warung-warung hingga supermarket.

“Saya anggap ini inovasi ya yang luar biasa dari Pak Menteri Sandi. Ini sangat membantu kami. Insya Allah kami akan bermitra terus, bersinergi terus,” ucap Ibnu.

Hadir juga di acara ini di antaranya Wakil Ketua PWNU DKI KH Lutfi Hakim, KH Nurul Ghulam, KH Zainal Arifin Ghufron, ketua MWC, dan ranting NU se-Jakarta Timur.